8 Kepala Puskesmas Mundur, DPRD: Kita akan Panggil Kadiskes

8 Kepala Puskesmas Mundur, DPRD: Kita akan Panggil Kadiskes

PEKANBARU(RIAUSKY.COM) - Mundurnya 8 Kepala Puskesmas di Kota Pekanbaru secara bersamaan disayangkan oleh legislator. Apalagi mereka Mundur disaat masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan terkait persoalan kesehatan di tengah masyarakat.

“Jujur saja kita dari Komisi III merasa terkejut. Apalagi mundurnya kepala puskesmas ini disaat wabah DBD mulai masuk Kejadian Luar Biasa (KLB), dimana DBD sudah mulai mengkhawatirkan dan menelan korban jiwa,"kata Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga SE, saat dikonfirmasi, Ahad (7/2).

Politisi dari PDI-P ini menyesalkan kinerja Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru yang tidak singkron selama ini dengan Kepala Pusksesmas sebagai bawahannya dalam mengatasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Apa mungkin kepala diskes tidak mau atau tidak peduli dengan wabah DBD ini, bisa saja. Karena tidak ada penanganan serius yang kami lihat selama ini. Pekerjaan yang dilakukan selalu terbengkalai, banyak yang tidak selesai dan tidak sesuai keinginan masyarakat,” jelasnya.

Yang membuat dirinya kesal adalah, Kepala Diskes, Helda S Munir, dari statment-nya mengakutidak berada di Pekanbaru disaat wabah DBD mulai menjangkit warga yang ada di Kota Pekanbaru.

“Harusnya, Kepala Diskes punya tanggung moral, dan berd di Pekanbaru saat  kasus DBD meningkar. Ini yang kami sesalkan,” bebernya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan agenda Rapat Dengar Pendapat (Hearing) dengan memanggil 8 kepala puskesmas yang mengundurkan diri serta Kepala Diskes Pekanbaru, untuk meminta penjelasan terkait persoalan yang tengah terjadi.

“Ini harus didudukkan bersama. Secepatnya Komisi III akan melakukan pemanggilan, apa dasar 8 kepala puskesmas itu mengundurkan diri dan akan kita konfrontir bersama Kepala Diskes,” tukasnya.

Sebagaimana diberitakan, 8 Kepala Puskesmas Kota Pekanbaru mengajukan pengunduran diri secara bersama-sama. 8 Kepala Puskesmas itu diantaranya adalah, Kepala Puskesmas Umban Sari, Sail, Rejosari, Lima Puluh, Langsat, Sidomulyo, Simpang Baru dan Garuda.

Mundurnya 8 Kepala Puskesmas Kota Pekanbaru itu, dibenarkan oleh Kepala BKD, Azharisman Rozie, dimana pihaknya sudah menerima langsung surat pengunduran diri tersebut.

Sementara Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Helda S Munir, mengaku tidak tahu atas mundurnya 8 anak buahnya itu. Helda mengaku mengetahuinya dari media, karena baru pulang dari umroh. Helda sebut bahwa selama ini komunikasi dengan 8 kepala puskesmas berjalan dengan baik. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index