Subhanallah.. 21 Kecamatan di Kampar Terendam Banjir Hingga 2 Meter

Subhanallah.. 21 Kecamatan di Kampar Terendam Banjir Hingga 2 Meter
banjir kampar
BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Hujan yang menguyur Riau dua hari terakhir membawa bencana banjir yang luar biasa bagi masyarakat Kampar. Sebanyak 21 Kecamatan di Kampar terendam banjir.
 
Banjir ini dipicu akibat bendung penuh dan harus dikeluar airnya ke aliran sungai Kampar.Akibatnya 21 Kecamatan terendam banjir karena air sungai Kampar meluap.
 
Banjir ini terjadi sejak Senin (8/2) siang hingga Selasa (9/2) siang ini air terus bertambah dengan arus yang kencang. Salah satu warga mengaku bahwa ini banjir terparah sejak 40 tahun belakangan.
 
"Kenapa saya mengatakan demikian, dulu sering banjir tapi tak pernah sampai masuk kerumah warga yang termasuk tinggi, tapi kini hampir di seluruh desa Penyasawan dan Pulau sarak air sudah masuk hingga 1 meter" ujarnya.
 
Sebagaian masyarakat kabupaten Kampar yang memiliki 21 Kecamatan rata-rata mengalami banjir hingga dua meter, "ini paling terparah, biasanya di rumah kami hanya sampai ke lutut,  sekarang sudah sampai ke dada orang dewasa, " jelas warga Desa Penyasawan.
 
Sementara Pihak Pengelola Waduk PLTA Koto Panjang masih bertahan membuang air ke Sungai Kampar dalam jumlah besar hingga Selasa (9/2) siang.
Humas Pengelola Waduk PLTA Ramzi menyebutkan, pembukaan pintu buangan air (spillway) hingga Selasa siang masih setinggi di atas 2 meter.
Namun pihaknya sudah berencana menurunkan tinggi bukaan pintu karena banjir di sisi hulu sudah sudah mulai surut.
 
"Jalan Riau-Sumbar pun sudah bisa dilalui. Makanya akan diturunkan (bukaan spillway)," kata Ramzi, Selasa siang.
 
Ia menyatakan pengurangan itu dilakukan secara perlahan untuk meringankan dampak banjir di sisi hilir Sungai Kampar. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index