Ini Agenda Eks Gafatar Asal Riau Sebelum Dipulangkan ke Daerah Masing-masing

Ini Agenda Eks Gafatar Asal Riau Sebelum Dipulangkan ke Daerah Masing-masing

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Upaya pembinaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sehari pasca dilakukannya pemulangan 50 orang eks Gafatar dari Jakarta, sudah dilakukan.

 
Bertempat di sebuah aula yang sengaja disiapkan sebagai ruangan pembinaan, sejumlah eks Ormas Gafatar dikumpulkan. Mereka, para eks Gafatar asal Riau diberikan pencerahan di Rusunawa Provinsi Riau Jalan Mekar Sari, Pekanbaru, Riau, Selasa (9/2).
 
Hadir sebagai narasumber antara lain dari Dinas Sosial Provinsi Riau, Perwakilan dari MUI Riau dan Kesbangpol Provinsi Riau. Dalam kesempatan itu, para eks Gafatar diberikan pencerahan kembali soal pemahaman Islam.
 
Kepala Kesbangol Provinsi Riau Ardi Basuki mengatakan, dilakukannya pembinaan ini, agar eks Gafatar bisa membedakan yang mana kepercayan yang diakui dan mana yang tidak diakui oleh negara.
 
Sementara itu, pihak Pemprov Riau sudah menyusun jadwal aktifitas para anggota eks Gafatar asal Riau yang kini sedang diungsikan di Rusunawa. Berikut agendanya :
 
Selasa (9/2), pemahaman soal ideologi kepada  eks Gafatar, termasuk lansia dan anak-anak. Jua memberikan pemahaman soal agama dan budaya. Selanjutnya akan diberikan materi tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat.
 
Rabu (10/2), pemberdayaan perempuan dan anak, pendidikan di luar sekolah. Selanjutnya, juga direncanakan tindak lanjut dan pembinaan terhadap keagamaan.
 
Kamis (11/2), prosesi penyerahan kepada Bupati dan Wali Kota masing-masing daerah.
 
Sebagai mana diketahui, anggota eks Gafatar asal Provinsi Riau yang dipulangkan berjumlah 17 orang laki-laki, 15 orang perempuan dan 18 anak-anak. Dengan rincian, 40 orang dari Kota Pekanbaru, 2 orang dari Inhu, 2 orang asal Kampar dan 1 orang dari Dumai.  "Sisanya diambil keluarga," jelas Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Syarifuddin. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index