Musim Hujan Hingga Maret, Bupati Ingatkan Warga Tetap Waspada

Musim Hujan Hingga Maret, Bupati Ingatkan Warga Tetap Waspada

PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Warga Rohul  di daerah rawan banjir diminta tetap waspada, meski banjir saat ini sudah mulai surut. Pasalnya, dari informasi yang diperoleh dari Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) intensitas Huan masih tinggi hingga Bulan maret mendatang.

" Meski sudah mulai surut jangan sampai kita terlena, tetap waspada terhadap banjir ini,  terutama jika air tiba-tiba  naik di malam hari,  jangan tidur,  berjaga-jaga,  jika banjir datang segera evakuasi keluarga dan surat-surat berharga" tutur Bupati Rohuk Achmad, Kamis (11/2) Pasir Pengaraian.

Dalam kondisi curah hujan tinggi seperti sekarang, lanjut Achmad, masyarakat, diminta untuk menempatkan Surat-surat berharga disatu tempat, sehingga ketika banjir terjadi, surat-surat penting itu bisa langsung diselamatkan. Untuk jangka panjang, achmad mengingatkan warga untuk tidak merambah hutan, karena hutan adalah benteng untuk melindungi masyarakat dari banjir. 

Selain itu, warga juga diminta untuk tidak membiarkan anak-anak bermain di tepi sungai, mengingat kondisi arus sungai yang masih berbahaya saat ini.

"Anak-anak harus diawasi,  jangan biarkan mereka bermain di tepi sungai yang saat ini arusnya sangat deras, kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak inginkan" harapnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulan Bencana daerah (BPBD) kabupaten Rohul, Aceng herdiana menyatakan, lamanya musim penghujan, pada tahun ini disebabkan Elnino yang terjadi tahun ini. El-nino tersebut, menyebabkan,  panjangnya waktu musim kemarau serta menggeser puncak musim penghujan dari bulan januari, menjadi bulan maret.

" El-nino tahun ini adalah yang terpanas dan terpanjang, namun itu kan prediksi, kita harapkan  intensitas hujan ini normal, tetapi kita harus tetap waspada menyikapi bencana,  sehingga kemungkinan terburuk bisa kita antisipasi" tutup Aceng. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index