Riau Terendam Banjir, Kepala BPBD Riau Sebut Kiriman dari Sumbar

Riau Terendam Banjir, Kepala BPBD Riau Sebut Kiriman dari Sumbar
banjir di kampar (internet)
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Banjir parah yang melanda tiga Kabupaten di Riau kini telah merugikan ratusan bahkan ribuan kepal keluarga. Melihat kondisi ini, Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger menyebutkan musibah banjir yang terjadi di Riau merupakan kiriman dari Sumatera Barat.
 
Musibah Banjir yang melanda Provinsi Riau, khususnya tiga Kabupaten saat ini diakibatkan tingginya curah hujan di hulu Sungai Kampar, Sungai Kuantan dan Sungai Rokan yang merupakan bagian dari DAS Provinsi Sumatera Barat.
 
"Banjir Ini dampak air besar yang dikirim dari Provinsi Sumbar. Dikarena sesuai informasi BMKG tadi, curah hujan kita tidak terlalu tinggi. Maka yang terjadi adalah banjir kiriman dari Sumbar, karena Riau berada di hilirnya," sebut Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.
 
Untuk mengantisipasi musibah tersebut, Edward mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan Rapat Koordinasi dengan satker terkait. Dikatakan, Rakor tersebut  untuk menentukan langkah bersama dalam menangani persoalan banjir. Artinya, akan menetapkan dan melakukan beberapa langkah penanganan sesegera mungkin dengan terus berkoordinasi lintas sektor.
 
"Selain itu juga menentukan langkah penanganan evakuasi korban banjir dan serta penetapan status tanggap darurat banjir di Kampar, Rohul dan Kuansing sesuai kondisi terkini," tutupnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index