Peringati Setahun Wafatnya Budayawan Riau

Sisilia Bong Takjub Lihat Hasil Karya Tenas Effendi

Sisilia Bong Takjub Lihat Hasil Karya Tenas Effendi
istri plt gubri sisilia bong


PEKANBARU (RIAUSKY.COM)-Untuk mengenang setahun budayawan Riau H. Tennas Effendi yang wafat ada 28 Februari 2015 lalu, ratusan pejabat dari satuan kerja berbagai instansi, memenuhi pameran buku-buku, karya, serta barang antik peninggalan H. Tennas Effendy di Pustaka Wilayah Pekanbaru, Soeman HS.

Turut hadir dalam pameran yang bertajuk Apa Tanda Melayu Berbudi, Adil dan Benar Tempat Berdiri tersebut adalah Sisilia Bong, istri dari Pelakasana Tugas (Plt) Gubernur Riau. Dalam kesempatan itu, Sisislia mengapresiasi apa-apa yang telah dihasilkan oleh Tennas Effendy.

"Melihat karya Beliau dipajang seperti itu, saya merasa takjub dan senang pada saat yang bersamaan. Semoga ini bisa menjadi semacam ajang untuk menambah wawasan bagi seniman dan juga mengenang almarhum," ujar Sisilia, Senin (15/2).

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol, ternyata punya pendapat khusus seputar Mendiang H. Tennas Effendy.

"Beliau merupakan abdi penting titik awal kebudayaan kita. Saya sendiri melihat bagaimana karya-karya beliau yang ada selama ini bisa memperkokoh dan mempersatukan budaya melayu," kata Kamsol.

Pameran budaya mengenang setahun wafatnya Tennas Effendy 9 November 1939 - 28 Februari 2015 ini, akan berlangsung selama sebulan penuh. Kamsol pun kembali mengenang saat-saat Ia bersama Mendiang.

"Saya teringat betul bagaimana dulu ada seminar dengan Tennas Effendy, LAM Riau dengan LAM Kepri sepakat bersama menyatukan bahwa bahasa Indonesia itu berasal dari bahasa melayu," kenang Kamsol.

Pameran budaya ini terbuka untuk umum, masyarakat bisa mendatangi puswil untuk menggali lebih dalam peninggalan-peninggalan bersejarah budayawan Tennas Effendi. (R07)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index