Besok, Tiga Bupati dan Satu Walikota Dilantik

Besok, Tiga Bupati dan Satu Walikota Dilantik
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Jika tidak ada perubahan, Pemerintah Provinsi Riau, akan melaksanakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih empat Kabupaten Kota, yakni, Kota Dumai, Kabupaten Meranti, Kabupaten Indragii Hulu, dan Kabupaten Bengkalis, Rabu(17/2), di Gedung Daerah.
 
Empat pasangan kepala daerah yang segera dilantik itu adalah Yopi Arianto-Khairizal (Indragiri Hulu), Amril Mukminin-Muhammad (Bengkalis), Irwan Nasir-Said Hasyim (Kepulauan Meranti), dan Zulkifli AS-Eko Suharjo (Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Dumai). 
 
Pelantikan ke empat kepala daerah tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang telah diterima oleh Pemprov Riau, pada pekan lalu. Berikut SK yang diterima oleh Pemberhentian dan pengagkatan SK keempat kepala daerah tersebut. 
 
SK Mendagri tentang pemberhentian Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis nomor, 14-645. Dan SK pengangkatan Bupati Bengkalis nomor, 131.14-646. SK Pengangkatan Wakil Bupati 132.14-663 Februari 2016. 
 
SK Mendagri Pemberhentian Pj Bupati Kepulauan Meranti No 131.14-663. SK Pengangkatan Bupati Meranti 131.14-664 serta SK Wakil Bupati Meranti 132.14-665. SK Mendagri Pemberhentian Pj Bupati Inhu No. 131-14-639. SK Pengangkatan Bupati Inhu No. 131.14-640. SK Pengangkatan Wakil Bupati Inhu No. 132.14-641. SK Tentang pemberhentian Pj Walikota Dumai, No. 131.14-630. SK Pengangkatan Wako Dumai No. 131.14-631. SK Pengangkatan Wakil Wako Dumai No. 132.14-632. 
 
Kepala Biro Tata Pemerintahan Provinsi Riau, Rahimah Erna mengatakan, awalnya pelantikan akan dilaksanakan di GOR Remaja. Namun dikarenakan tidak memungkinkan maka dipindahkan ke Gedung Daerah. Dan seluruh undangan telah disebar keseluruh daerah dengan undangan yang terbatas.
 
"SK dari Mendagri telah kita terima, dan pelantikannya nantin dilaksanakan di Gedung daerah dan sudah final. Semua persiapan saat ini sedang dikerjakan," papar Rahimah, Selasa (16/3/16). 
 
"Jadi pelantikannya di dalam gedung balai serindid. Langsung dilantik oleh Plt Gubernur Riau," ungkapnya.
 
Adapun perbedaan yang dilakukan pada pelantikan serentak tersebut yakni, tidak dilakukan dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten/ Kota masing-masing. Tata tertib pelantikan langsung diucapkan oleh Plt Gubri di hadapan empat pasang Bupati/ Walikota terpilih pada 9 Desember 2015 lalu.
 
"Selain itu memang, kita menyadari untuk tamu undangan sangat terbatas karena memang mengingat tempat. Khusus untuk di dalam gedung pelantikan hanya diperuntukkan untuk anggota DPRD masing-masing Kabupaten/ Kota yang dilantik, Forkopinda Riau," sambungnya.
 
Namun jangan khawatir, tutur Rahima, para tamu undangan lainnya bisa menyaksikan pelantikan di luar gedung dengan menyaksikan tayangan di televisi yang telah disediakan ditenda-tenda yang telah disiapkan panitia.
 
"Kita juga minta maaf kepada tamu undangan yang tidak bisa masuk dan menyaksikan langsung, karena keterbatasan tempat," tukasnya.
 
Dijelaskan Rahimah, panitia sudah menyiapkan tenda ndan TV lebar di luar gedung baik di kiri dan kanan gedung daerah. Tenda ini bisa menampung para tamun udangan dari daerah. Di sebelah kiri mampu menampung 600 kursi, dan kanan gedung mampu menampung 600 kursi. Sedangkan di dalam gedung hanya tamu-tamu undangan penting saja sebanyak 850. (RT/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index