Petani Merugi Akibat Banjir, PLT Gubri: Belum Ada yang Lapor ke Saya

Petani Merugi Akibat Banjir, PLT Gubri: Belum Ada yang Lapor ke Saya

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Banjir besar yang melanda beberapa kabupaten di Riau telah mengakibatkan petani merugi. Namun ternyata hingga kini Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman belum mengetahui jumlah kerugian yang diderita rakyatnya.

 "Belum ada. Yang sudah lapor ke saya itu baru sektor perikanan," kata Plt Gubri, Kamis (18/2)

Plt Gubri mengaku belum menerima laporan dari Dinas Petanian dan Peternakan Riau terkait kerugian petani.  Untuk itu,  Ia mendesak SKPD terkait  segera melakukan inventarisasi kerugian dan melaporkan seberapa besar kerugian yang dialami masyarakat akibat musibah itu.

"Pokoknya, laporkan yang ada saja dulu. Musibah banjir inikan sepertinya berlanjut. Segera laporkan kerugiannya ke kita," tegasnya.

Andi menambahkan,  beberapa waktu lalu Kepala Dinas Perikanan Provinsi Riau, Tien Mestina telah menemuinya dan melaporkan langsung tentang kerugian yang dialami oleh petani keramba Riau. Plt Gubri menyebutkan, Tien  meminta izin untuk bertemu langsung dengan menteri terkait di Jakarta, untuk melaporkan jumlah kerugian di sektor perikanan itu.

"Beliau (Kadis Perikanan, red) akan melaporkan ke salah satu dirjen soal musibah banjir yang melanda Riau, hingga mengakibatkan banyak petani keramba di beberapa kabupaten di Riau mengalami kerugian yang cukup besar," terang Plt Gubri.

Menurutnya, momentum Dinas Perikanan dan Kelautan bertemu pihak kementerian adalah saat yang tepat untuk melaporkan persoalan ini, sebab Pemerintah Pusat sedang melangsungkan pembahasan soal Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN Perubahan.

"Kami dari Pemerintah Provinsi Riau ingin ada bantuan dari APBN untuk masyarakat mengenai keramba ini," ujarnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index