Banyak Suara Miring Tentang Mutasi, Rozie: Saya Siap Menjelaskan Semuanya

Banyak Suara Miring Tentang Mutasi, Rozie: Saya Siap Menjelaskan Semuanya

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) –  Adanya rencana Komisi III DPRD Pekanbaru memanggil Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atas mutasi pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, ditanggapi Kepala BKD Pekanbaru Azharisman Rozie. Kepala BKD ini mengaku belum menerima kabar tersebut. 

Bahkan undangan pemanggilan untuk hearing belum berada ditangannya. Namun, jika memang surat tersebut telah sampai ditangannya, ia bakal menghadiri hearing tersebut. Ia akan menjelaskan semua mengenai mutasi yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

"Kalau dipanggil, saya bersedia datang. Tentu kita akan menjelaskan semua mengenai mutasi ini. Tidak ada yang kita sembunyikan. Semuanya terbuka. Kalau ASN yang memiliki kinerja baik kita promosikan, kalau kinerja buruk, tentu kita demosi," sebutnya (19/2).

Ia mengatakan mutasi yang dilakukan beberapa waktu lalu tujuannya untuk melakukan penyegaran kinerja pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru. Supaya jika kemampuannya tidak cocok di jabatan tertentu, maka akan dirotasi.

"Ada orang yang pintar tapi tidak bekerja sama dengan atasannya atau sebaliknya, itu juga kita pertimbangkan.  Hal itu buruk untuk pemerintahan dan menghambat kinerja kita juga. Sekretaris Daerah yang berwenang mengusulkan rotasi ASN, pemberhentian ASN, promosi ASN kepada Pak Wali Kota," tuturnya.

Kemudian dijelaskannya, jika Walikota menganggap perlu dilakukan mutasi atas kinerja para ASN, maka mutasi akan dilakukan. Namun, mutasi tersebut tentu harus melalui proses evaluasi kinerja.

Tolak ukur kinerja seorang ASN, kata Rozie, bermacam-macam. Namun yang penting terletak pada segi integritas.

"Misalnya sekretaris dinas tidak bekerjasama dengan kepala dinasnya, ya kita terpaksa kita rotasi. Kalau mereka memiliki kinerja yang baik, tentu kita lakukan pergantian. Tapi yang kemarin kita lakukan rotasi, supaya untuk penyegaran," ujarnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index