Polres Kuansing Ciduk Penambang Emas Ilegal

Polres Kuansing Ciduk Penambang Emas Ilegal

TALUKKUANTAN (RIAUSKY.COM) - Polres Kuantan Singingi (Kuansing) menangkap seorang Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) berinisial IR. 

 
IR sendiri ditangkap setelah kedapatan melakukan penambangan emas secara ilegal di aliran Sungai Kuantan, Desa Pulau Binjai, Kecamatan Kuantan Mudik, kabupaten Kuansing Riau.
 
Kapolres Kuansing AKBP Edy Sumardi mengatakan, IR melakukan penambangan emas ilegal dengan cara memainkan alat seperti botol berisi Raksa, batang spiral, ember berisi kalam, karpet, mesin penghisap, paralon dan selang angin.
 
“Tersangka Ir dan barang bukti langsung kita tangkap dan amankan pada Kamis (18/2),” ujar Edy, Jumat (19/2).
 
Edy mengakui, penambangan Emas tanpa izin di Kuansing memang sudah berlangsung lama, dan pihaknya telah mewanti-wanti kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukannya, bahkan tidak sedikit warga yang ditangkap karena melakukan aktivitas ilegal itu.
 
“Pelaku berikut barang bukti untuk menjalani pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut. IR  dijerat dengan pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan,” terangnya.
 
Menurut Edy, ‎pihaknya menggencarkan operasi penambangan emas ilegal di sejumlah daerah aliran sungai di Kabupaten Kuantan Singingi. Operasi tersebut dilaksanakan karena pihaknya menerima laporan kembali maraknya aktivitas penambangan emas secara ilegal di sepanjang sungai yang ada di Kuantan Singingi.
 
Bahkan, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan menegaskan tidak ada toleransi terhadap pelaku penambangan emas ilegal yang mengakibatkan rusaknya lingkungan di Sungai.
 
“Saya sudah meminta polres setempat untuk mengawal kasus ini bersama-sama dengan pemda karena dampaknya sangat luar biasa, bisa merusak lingkungan,” kata Dolly.
 
Hampir setiap hari Polres Kuantan Singingi bersama Satpol PP setempat melakukan operasi penertiban penambangan emas ilegal dan menemukan sejumlah mesin dan barak penambangan di sepanjang sungai. “Perahu hingga barak-barak pelaku, ada yang dibakar,” pungkasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index