Menuju Pekanbaru, 20 Ton Bawang Merah Diamankan TNI AD

Menuju Pekanbaru, 20 Ton Bawang Merah Diamankan TNI AD
bawang merah ilegal yang diamankan TNI AD (halloriau.com)

BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Anggota TNI AD berhasil mengamankan sebanyak 20 Ton bawang ilegal asal negeri jiran Malaysia yang diseludupkan melalui Kabupaten Bengkalis, Riau. Penangkapan tersebut dipimpin langsung Den Intel Kodam 1 Bukit Barisan (BB) bekerja sama dengan Makodim 0303 Bengkalis.

Bawang Merah (BM) ilegal tersebut, diamankan saat dalam perjalanan menuju Kota Pekanbaru dengan menggunakan 2 Unit Truck Colt Diesel dan 4 Unit Mobil Pick Up jenis Grand Max dan L300.

Hal ini dibenarkan Dandim 0303 Kabupaten Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Haryanto S. IP.

"Penangkapan tersebut berawal dari adanya laporan masyarakat yang menyampaikan bahwa maraknya peredaran bawang merah ilegal asal malaysia yang diseludupkan melalui Kabupaten Bengkalis," kata Damdim 0303 Wachyu Dwi Haryanto.

Kemudian petugas dari Kodam 1 Bukit Barisan bekerja sama dengan Makodim 0303 Bengkalis melakukan pengintaian di lapangan, yaitu di pelabuhan Roro Pakning Sungai Selari.

"Dari itulah, saat anggota melakukan pemantauan di roro pakning, petugas melihat 2 Unit Truck Colt Diesel dan 4 unit mobil Pick Up sedang melintas menuju kota pekanbaru, kemudian setibanya di jalan lingkar desa Batang Duku petugas langsung menahan dan memeriksa isi muatan mobil tersebut. Alhasil petugas menemukan bawang merah ilegal yang dikemas dalam kampit," ungkapnya.

Setelah dilakukan penangkapan, petugas dari TNI AD langsung melakukan koordinasi ke pihak Bea dan Cukai Dumai guna mengecek kelengkapan dukumen bawang tersebut.

"Setelah dilakukan pengecekan dan tidak bisa menunjukkan dokumennya, kemudian bawang merah beserta supir di giring ke kantor Bea dan Cukai Dumai untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," paparnya.

Dikatakan, Kodam 1 Bukit Barisan melalui Makodim Bengkalis akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya, untuk melakukan pemantauan terhadap kegiatan penyeludupan dan tindakan ilegal lainnya yang ada diwilayah hukum Makodim 0303 Bengkalis. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index