Para Wanita Harus Hati-hati. Pria Menikah Belum Tentu Normal Soal Orientasi Seksual

Para Wanita Harus Hati-hati. Pria Menikah Belum Tentu Normal Soal Orientasi Seksual
LGBT

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Aktivis lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) Hartoyo menilai masyarakat selama ini sudah salah kaprah karena menganggap orang yang sudah menikah pasti mempunyai orientasi seksual yang normal. Ia pun berupaya mematahkan anggapan itu.

Menurutnya, menikah tidak menjamin seseorang punya orientasi seksual yang normal. Buktinya, ada temannya yang gay padahal sudah menikah dengan seorang wanita.
 
"Saya punya teman gay, dia menikah dan sudah punya anak dua. Itu normal kan dia menikah dengan seorang wanita, tapi siapa yang menjamin dia nggak main sama cowok?” kata Hartoyo dalam diskusi 'LGBT, Beda Tapi Nyata' di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (20/2).

Biasanya, sambung Hartoyo, seorang gay yang sudah berumah tangga, orientasi seksualnya tidak diketahui istri atau pun keluarga dekatnya. Apalagi, istri dan keluarga juga tidak memantau suami selama 24 jam.

"Apa anak-anak dan istrinya tahu? Tidak, kita jangan jadi orang yang munafik. Itu sudah ada di sekitar kita. Senin sampai Jumat, dia mungkin sama istrinya. Sabtu-Minggu siapa yang tahu dia sama pacarnya yang lelaki. Toh kita atau istrinya juga nggak bisa memantau dia 24 jam kan," ungkapnya. 

Hal senada juga disampaikan alumnus jurusan kriminologi Universitas Indonesia (UI) Maman Suherman. Menurutnya, sering muncul pertanyaan ke seseorang tentang alasan belum menikah.

“Jadi seolah-olah kalau orang sudah menikah itu normal. Itu belum tentu," imbuh Maman. (R03/JPNN)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index