Pensiunan PNS Ini Berhasil Kembangkan Pertanian Hidroponik, Begini Caranya...

Pensiunan PNS Ini Berhasil Kembangkan Pertanian Hidroponik, Begini Caranya...
taufik nasir petani hidroponik

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Perkembangan teknologi pertanian kini mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka. Hal ini telah dilakukan oleh seorang warga pensiunan PNS Taufik Nasir (65) dengan mengembangkan tanamam hidroponik.

Berawal dari pelatihan hidroponik yang dilakukan oleh LKM Tuah Mandiri Simpang Tiga.  Usai mengikuti pelatihan tersebut sebagai LKM Tuah Mandiri memberikan seperangkat perlengkapan hidroponik kepada peserta pelatihan termasuk pada Taufik Nasir.

Mendapatkan perlengkapan hidroponik yang lengkap seharga 2.5juta bagi Taufik seperti mendapat hadiah. Sehingga dirinya mengembangkan lagi hidroponik dengan memanfaatkan perkarangan rumahnya.

Pelatihan yang dilakukan pada Mei 2015 lalu dan sudah sembilan bulan berjalan kini Taufik Nasir yang dikenal dengan Uwo ini telah menjadi petani hidroponik dan seluruh tetangga sudah tau sehingga pembeli datang sendiri.

"Alhamdulillah kemarin baru aja datang orang yang borong selendri, sementara untuk sayuran seperti kangkung, bayam dan lainnya warga sudah datang sendiri. Kemarin sempat dijual dipasar kaget, gak sampai satu jam 80 ikat kangkung habis terjual."ungkap Uwo yang sudah merasakan manfaat dari berkebun hidroponik.

Saat ini selain seledri, sayur kangkung Uwo mulai menanam Tomat karena mahalnya tomat dipasaran membuat dirinya semangat untuk menanam tomat. Kini panjang pipa hidroponik sudah ratusan meter dan keuntungan untuk selada sebulannya atau satu kali panen minimal 1-1,5juta belum lagi untuk seledri yang satu potnya hanya 5000 yang langsung dibotong orang. Tentunya ini peluang usaha yang harus dikembangkan.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index