Dishutbun Pelalawan Semai 30 Ribu Kecambah Sawit di Pangkalan Kuras

Dishutbun Pelalawan Semai 30 Ribu Kecambah Sawit di Pangkalan Kuras
Ilustrasi

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) - Upaya Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) kabupaten Pelalawan untuk meningkatkan produktivitas komoditi kelapa sawit serta peningkatan ekonomi masyarakat, terus digalakkan.

 
Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya tempat pembibitan kelapa sawit di kecamatan Pangkalan Kuras. Saat ini Dishutbun telah membangun tempat pembibitan kelapa sawit kabupaten Pelalawan yang berada dilahan eks bangunan Self-Referral Disclosure Protocol (SRDP) di Sorek kecamatan Pangkalan Kuras seluas 4 hektar.
 
Sedangkan dari lahan seluas 4 hektar ini, telah dimanfaatkan seluas 2 hektar yang telah disemai sebanyak 25 ribu kecambah bibit kelapa sawit unggul yang sekarang sudah berumur 6 bulan. 
 
Nantinya, setelah kecambah bibit kelapa sawit ini menjadi bibit kelapa sawit berusai 10 bulan, maka bibit ini akan disalurkan kepada para petani baik perseorangan maupun kelompok, dengan harga yang terjangkau atau harga yang lebih murah.
 
"Sedangkan saat ini, tempat pembibitan kelapa sawit tersebut dikelola oleh kelompok tani yang menjadi binaan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pelalawan," ujar Kepala Dishutbun Pelalawan Ir Hambali MSi melalui Kabid Pengembangan tanaman perkebunan Abdul Rahman.
 
Diungkapkan Abdul Rahman, bahwa pembangunan bibit kepala sawit kabupaten Pelalawan ini, bertujuan untuk mengurangi resiko para petani kelapa sawit membeli bibit kelapa sawit palsu yang sangat merugikan para petani. Selain itu, juga untuk membantu para petani mendapatkan bibit kepala sawit unggul dengan harga terjangkau atau harga yang lebih murah. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index