Siap-siap...110 Koperasi Terancam Bubar, Ini Alasannya

Siap-siap...110 Koperasi Terancam Bubar, Ini Alasannya

PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Dari 325 koperasi di Rohul sekitar 110  tidak aktif. Koperasi yang tidak aktif lebih dari tiga tahun, terancam dibubarkan.

“Saat ini di Rohul ada 325 Koperasi, namun yang aktif 215 koperasi, sementara yang tidak aktif lebih dari dua tahun ada 110 koperasi,” sebut  Kepala Diskoperindag Rohul Tengku Rafli Armien, melalui Kabid Koperasi Suryanto, Selasa (23/2/2016).
 
Suryanto menambahkan, sesuai intruksi Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Oktober 2015 lalu, bagi koperasi bermasalah dan tiga tahun tidak aktif akan dibubarkan.

Sehingga bagi koperasi yang tidak ada anggotanya serta usaha selama dua tahun berturut-turut, juga akan dibubarkan, termasuk dicabut badan hukumnya. Dimana hingga awal 2016, baru 17 koperasi di Rohul yang sudah melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT).

“Untuk ketentuan waktu, Juni 2016 sudah harus RAT. Bagi koperasi yang mengalami masalah pembukuan belum melaksanakan RAT. Yang tidak ada masalah pembukuan biasanya cepat dilaksanakan RAT,” imbaunya.

Suryanto menambahkan, ada beberapa koperasi yang belum juga melaksanakan RAT, karena masih menunggu pemeriksaan akuntan publik.

Suryanto menambahkan,  jumlah koperasi yang tidak aktif, dan yang akan dibubarkan bertambah. Karena Diskoperindag Rohul akan lakukan evaluasi secara menyeluruh kepada koperasi yang tersebar di Rohul. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index