Gelar Salat Istisqa, Masyarakat Dumai Minta Hujan

Gelar Salat Istisqa, Masyarakat Dumai Minta Hujan
Said Mustafa

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota Dumai melaksanakan salat Istisqa berjamaah diikuti ratusan pegawai dan TNI Polri dipimpin Ketua MUI Lukman Syarif, di Masjid Habiburrahman, Jalan HR Subrantas, Rabu (24/2).

 
Sekretaris Daerah Kota Dumai Said Mustafa menyebutkan salat Istisqa bertujuan untuk meminta rahmat hujan kepada Allah SWT agar Dumai terbebas dari bencana kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan.
 
"Kondisi Dumai belakangan ini sangat terik dan jarang diguyur hujan, karena itu pemerintah berinisiatif mengadakan salat Istisqa agar kita dibantu Allah SWT," kata Said, Rabu.
 
Menurut prakiraan BMKG, lanjut dia, Dumai dilanda musim kemarau pada Februari dan beberapa bulan berikutnya, karena itu pemerintah melaksanakan salat Istisqa sebagai langkah antisipasi kebakaran lahan.
 
Diharapkan dengan pelaksanaan ibadah berdoa meminta hujan ini, Kota Dumai bisa menjadi lebih sejuk dan lahan gambut bisa basah sehingga terhindar dari musibah kebakaran hutan lahan.
 
"Untuk mengantisipasi karlahut ini juga telah disiapkan dana penanggulangan dan penanganan di sejumlah instansi terkait sebesar Rp1 miliar," jelasnya.
 
Instansi penanganan kebakaran hutan dan lahan sejauh ini terus bersiaga dan melakukan pemadaman di sejumlah titik panas dibantu dukungan personel TNI Polri setempat.
 
Dia mengimbau masyarakat agar peduli dengan karlahut dan menjaga lahan kering dengan tidak melakukan kegiatan pembakaran yang sangat berdampak buruk bagi lingkungan.
 
Pelaksanaan salat Istisqa dihadiri juga Kapolres Dumai AKBP Suwoyo, sementara Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai Zulkifli AS-Eko Suharjo menghadiri kegiatan pemerintah di Jakarta. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index