Ingin Punya Taman Buah Seperti Mekarsari, Distan Pekanbaru Siap Kembangkan Sektor Agribisnis

Ingin Punya Taman Buah Seperti Mekarsari, Distan Pekanbaru Siap Kembangkan Sektor Agribisnis
Elsyabrina

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pertanian (Distan) Kota Pekanbaru menambah luasan kawasan agribisnis menjadi 10 hektar tahun ini.

 
"Tahun ini kami menambah lagi luasan lahan 5 ha untuk areal agribisnis Pekanbaru, sehingga totalnya mencapai 10 ha," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Kota Pekanbaru, Elsyabrina, Rabu (24/2/2016).
 
Elsyabrina menyebutkan penambahan 5 ha kawasan agribisnis di wilayah sekitar Okura Danau Buatan. "Disini masih banyak lahan kosong yang didukung oleh keindahan alam danaunya," ujarnya.
 
Direncanakan tahun ini Distan akan membuat gambar dan pemetaan kawasan agribisnisnya. "Kami mencoba merancang site-planningnya," urai Elsyabrina.
 
Selanjutnya Distan mulai mempersiapkan kemampuan SDM pertanian agribisnis dengan menggelar pelatihan yang mendatangkan Prof Mohamad Reza Tirtawinata salah satu pencipta Taman Buah Mekarsari.
  
"Agar kami tahu tanaman dan bibit apa yang cocok untuk dikembangkan pada kawasan agribisnis Pekanbaru ini," ujarnya.
 
Rencananya Pemkot akan menempatkan berbagai jenis tanaman buah langka lokal maupun nasional pada lahan agribisnis seluas 10 ha tersebut. 
 
Selain juga jenis kayu dan pohon langka untuk pelestarian. Karena kawasan agribisnis tersebut akan dijadikan lokasi wisata alam juga, pusat pendidikan dan pembibitan pemerintah.
 
"Ini akan kami sulap menjadi bank plasma nuftah," tuturnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index