Ilham: KPU Riau Belum Terima Tahapan Pilwako Pekanbaru 2017

Ilham: KPU Riau Belum Terima Tahapan Pilwako Pekanbaru 2017
Ilham Muhammad Yasir

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau belum memiliki jadwal lengkap rentetan acara pemilihan Wali Kota tahun 2017 mendatang. 

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Riau Ilham Yasir mengatakan, pihaknya juga masih menunggu jadwal dan tahapan dari KPU pusat.
 
"Kalau untuk pendaftaran calon, kami masih menunggu jadwal dan tahapan yang akan dikeluarkan dari KPU RI, karena pemilihan kali ini kan serentak, waktunya juga seragam se Indonesia," kata Ilham, Rabu (24/2).
 
Ilham menambahkan, saat ini pihaknya baru mengetahui tanggal pasti pemungutan suara. Selebih dari itu, pihaknya tak bisa memperkirakan kapan waktu pelaksanaan pendaftaran.
 
"Yang sudah ditetapkan itu, baru tanggal pemungutan suaranya, yakni hari Rabu tanggal 15 februari 2017, selain itu kami belum bisa berandai-andai," kata Ilham.
 
Dikatakan Ilham, meski belum ada jadwal tetap, biasanya untuk pendaftaran selalu berada di tengah tahapan. Tahapan paling awal dari KPU adalah tahapan daftar pemilih dan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS).
 
"Belum, sejauh ini kita belum dapat jadwalnya dari pusat. Yang pasti, hal pertama yang dilakukan KPU adalah membentuk PPK dan PPS," kata Ilham.
 
Lebih jauh Ilham mengatakan, meski rentan serta batas waktu pendaftaran belum dikemukakan, bagi yang ingin mencalonkan diri sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru, bisa merunut ke Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) no 9 dan nomor 12 tahun 2015.
 
"KPU Republik Indonesia telah menerbitkan peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015 tentang perubahan peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015, yang berisi seputar pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota," kata Ilham.
 
Informasi selengkapnya seputar kelengkapan berkas pencalonan Wali Kota atau Wakil Wali Kota bisa dipelajari di sini /filestorage/berkas/2015/07/PKPU Nomor 12 Tahun 2015-1.pdf. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index