Kesadaran Masyarakat Inhil Urus Dokumen Kependudukan Masih Kurang, Ini Buktinya

Kesadaran Masyarakat Inhil Urus Dokumen Kependudukan Masih Kurang, Ini Buktinya
Kepala Disdukpencapil Kabupaten Inhil MJ Verman

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengeluhkan minimnya kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam melengkapi dokumen-dokumen kependudukan mereka.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), MJ Verman kepada riausky.com, saat ditemui di kantornya.
 
"Kami merasa selama ini, kalau kebanyakan masyarakat Inhil masih kurang kesadaran dan peran aktifnya untuk melengkapi dokumen-dokumen kependudukan. Padahal dari mulai lahir hingga meninggal semua ada dokumen-dokumen yang harus dibuat," keluhnya.

"Ada dua mekanisme yang dalam konteks pelaksanaan tugas kami untuk melengkapi dokumen kependudukan masyarakat. Yang pertama melalui pendaftaran dan lalu melalui pelaporan. Seperti masyarakat yang meninggal dunia misalnya, pihak keluarga seharusnya inisiatif untuk melaporkannya pada kami untuk memperoleh akta kematian. Dan tentunya pelaporan dilakukan setelah suasana berkabung pihak keluarga usai. Tapi yang terjadi saat ini, jarang terdapat masyarakat yang melakukan hal tersebut," ungkap MJ Verman.

MJ Verman berharap agar masyarakat Inhil menyadari pentingnya melengkapi dokumen- dokumen kependudukan. Saat ditanya bentuk peran aktif Disdukpencapil dalam melayani masyarakat Inhil. MJ Verman menjawab, "kami memiliki UPT (Unit Pelaksana Teknis) di setiap Kecamatan se-Kabupaten Inhil. Dan UPT ini siap untuk melayani masyarakat Inhil, sesuai dengan domain mereka (UPT, red) masing-masing," tukasnya.

"Selain itu juga, kami dari Disdukpencapil Kabupaten Inhil, secara rutin setiap tahunnya turun kelapangan untuk dapat langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat Inhil diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Inhil," imbuh MJ Verman. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index