Biayai KPR, SMF Guyur BRK Rp 190 Miliar

Biayai KPR, SMF Guyur BRK Rp 190 Miliar
Int

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF untuk pertama kalinya mengalokasikan dana Rp 190 miliar mendukung pembiayaan program sejuta rumah rakyat. 

 
Dana tersebut dikerjasamakan dalam bentuk refinancing KPR dengan Bank Riau Kepri. 
 
Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian oleh Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto dan Direktur Utama Bank Nagari Irvandi Gustary pada Senin, 29 Fabruari 2016 di Kantor Pusat Bank Riau Kepri, Pekanbaru, Riau. 
 
"Perjanjian ini menegaskan komitmen SMF dalam memperkuat peran Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam menyalurkan KPR di daerah," kata Raharjo.
 
SMF, kata dia, menyadari semakin tingginya permintaan akan kebutuhan rumah yang layak huni. Oleh karena itu, Program Satu Juta Rumah Rakyat harus didukung terutama dari segi pembiayaan. Hingga saat ini, SMF telah menjalin kerja sama refinancing dengan 9 BPD, yaitu Bank DKI, Bank Nagari, BPD NTB, BPD Kalsel, BPD Kalbar, BPD DIY, BPD Jateng, BPD Sumut, dan Bank Riau Kepri. Ia berharap BPD lainnya dapat bersinergi dengan SMF untuk mendukung program kepemilikan rumah. 
 
Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustary, mengungkapkan, kerja sama tersebut akan mendorong peningkatan sumber dana jangka panjang dalam menjalankan fungsi bank daerah sebagai lembaga keuangan dalam menyalurkan KPR. Kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU yang sebelumnya ditandatangani kedua belah pihak. 
 
BPD, kata dia, cenderung dapat lebih spesifik dan mengenal karakteristik masyarakat di daerahnya masing-masing. "Tingginya minat akan perumahan merupakan pangsa pasar yang besar bagi BPD, khususnya dalam memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan hunian yang layak," katanya. (R02/ROL)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index