Sabar Ya, Dana Desa di Pelalawan Cair April Mendatang

Sabar Ya, Dana Desa di Pelalawan Cair April Mendatang
Zamhur Das

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) - Jika tahun 2015 lalu Kabupaten Pelalawan mendapat Dana Desa sebesar Rp 29 Milyar, tapi tahun ini dana Desa bagi Kabupaten Pelalawan melonjak dua kali lipat dari tahun sebelumnya. 

 
Dimana pada tahun ini, Kabupaten Pelalawan mendapatkan anggaran tersebut sebesar Rp 66.400.280 ribu yang diperuntukkan bagi 104 desa di daerah ini.     
 
"Ya alhamdulillah, dana desa di tahun ini naik bagi Kabupaten Pelalawan. Tahun lalu yang tadinya hanya 29 Milyar kini menjadi 66 Milyar lebih, bagi 104 desa di Kabupaten Pelalawan," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Zamhur Das.
 
Zamhur juga  mengatakan,  untuk pencairan dana desa di tahun 2016 ini akan dicairkan pada bulan April mendatang. Namun untuk persyaratan pencairannya, maka masing-masing desa harus sudah menyelesaikan SPJ di tahun sebelumnya, serta APBDes dan RPJMDes.     
 
"Kita akan cairkan pada bulan April, tapi syaratnya desa harus menyerahkan SPJ di tahun 2015, serta APBDes dan RPJMDes-nya juga," katanya.     
 
Zamhur Das menambahkan, besaran dana desa itu sendiri, sambungnya, per desa akan berbeda-beda tergantung dari tiga kriteria yang ditetapkan. Ketiga kriteria itu diantaranya melihat dari jumlah penduduk, luas wilayah dan tingkat kemiskinan.
      
"Jadi memang berbeda-beda besaran dana desa yang kita berikan ke desa itu, tergantung dari tiga kriteria yang ditetapkan. Dana desa ini, tidak akan tumpang tindih dengan program PPIDK Bupati Pelalawan, dikarenakan pembatas antara dua program tersebut sudah jelas yakni RPJMD Pelalawan. Untuk dana desa penggunaannya dikhususkan bagi infrastruktur desa, seperti jalan dan jembatan," tandasnya. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index