Sambut Gerhana Matahari Total, MWC NU Ajak Warga Rohul Laksanakan Shalat Gerhana

Sambut Gerhana Matahari Total, MWC NU Ajak Warga Rohul Laksanakan Shalat Gerhana

PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Menyikapi terjadinya gerhana matahari total yang diperkirakan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016, Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mengimbau seluruh umat muslim, melaksanakan shalat gerhana matahari yang mungkin hanya terjadi sekali se umur hidup.

 
Tak hanya bersifat imbauan, MWC NU Kabupaten Rohul. Bahkan Sudah menggelar pelatihan shalat gerhana matahari di kalangan imam masjid dan mushalla se Kecamatan Ujungbatu.
 
Diharapkan melalui pelatihan tersebut, seluruh Imam masjid dan mushalla dapat mengajak masyarakat melaksanakan shalat gerhana matahari di masjid/mushalla di lingkungan mereka masing-masing.
 
Menurut Panitia Pelaksana Shalat Gerhana Matahari Agus Triono, MWC NU Rohul juga akan menggelar shalat gerhana matahari pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang.
 
"Sholat Gerhana Matahari berjemaah tersebut, rencananya akan di pusatkan di masjid Darul Iman Kecamatan Ujungbatu-Rohul, berdasarkan informasi dari Lembaga Antariksa Nasional (LAN), Gerhana Matahari itu akan terjadi antara pukul 6.30 sampai 8.30 Wib, jadi pelaksanaan Sholat Gerhana Matahari itu akan dilakukan pada rentang waktu itu,"  tutur Agus Triono.
 
Menurut Agus Triono, dalam hukum Islam, Shalat Gerhana Matahari, hukumnya sunat muakkat atau sunat yang hampir wajib dilaksanakan. Namun karena peristiwa ini peristiwa langka dan mungkin terjadi hanya sekali seumur hidup, maka diharapkan seluruh umat muslim dapat mengerjakannya sebagai wujud ketaqwaan kepada allah SWT.
 
"Ini peristiwa langka yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup, jadi hendaknya kita sambut dengan hal-hal yang positif yang sesuai dengan aqidah kita sebagai umat Islam," pungkasnya. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index