Alhamdulillah...BMKG Cabut Potensi Tsunami, Warga Pesisir Pantai Diminta Tetap Waspada

Alhamdulillah...BMKG Cabut Potensi Tsunami, Warga Pesisir Pantai Diminta Tetap Waspada
Ilustrasi gempa di Mentawai, Foto: Detik.com

PADANG (RIAUSKY.COM)- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencabut pernyataan terkait peringatan  dini potensi tsunami di beberapa wilayah di Sumatera pasca gempa 7,8 skala richter di perairan Mentawai. Pernyataan tersebut dikeluarkan sebagai klarifikasi atas pemberitahuan sebelumnya bahwa gempa di Mentawai berpotensi tsunami di beberapa wilayah di Sumatera seperti Kota Padang Sumbar, Lampung, Bengkulu juga perairan Sumatera Utara dan Aceh. 

 
Di padang, pasca pengumuman oleh BMKG melalui stasiun tivi, warga pun mulai berani turun dan kembali ke rumah mereka. Sebelumnya, ribuan warga Kota Padang berhamburan mencari tempat-tempat tinggi guna menghindari kemungkinan terjadinya tsunami. 
 
Meski begitu, sampai sejauh ini, kondisi wilayah gempa di Mentawai belum bisa dihubungi, sehingga banyak pihak keluarga warga Mentawai yantg berada di Kota Padang masih bingung dengan kondisi pasca gempa di mentawai tersebut. 
 
''Sampai saat ini belum ada komunikasi dengan keluarga di sana. Sepertinya di sana mati lampu, jadi tidak ada jaringan komunikasi yang bisa digunakan,''ungkap Edwin. 
 
Sementara Defti Seminiora, Kadis Pariwisata Kabupaten Mentawai. Defti kebetulan hari ini berada di Jakarta untuk bertemu dengan Kemenpar guna membahas acara 'Pesona Mentawai'. "Saya coba terus untuk kontak keluarga dan teman-teman, belum ada yang bisa," kata Defti malam tadi. 
 
Defti mengontak keluarga dan koleganya yang ada di sejumlah kecamatan di Mentawai. Namun belum ada respons. "Saya sampai telpon Polres, TNI AL yang di sana. Tidak bisa juga. Satu pulau itu tidak bisa semua," kata Defti.
 
Defti juga sudah mencoba mengontak Bupati Mentawai Yudas Sabagalat. Hasilnya nihil. "Pak Bupati saya kontak tidak bisa. Saya bingung. Mohon doanya semoga tidak ada apa-apa," kata Defti.
 
Gempa di Mentawai, Sumatera Barat terjadi di lokasi 5.16 LS,94.05 BT, atau 682 kilometer Barat Daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dikedalaman 10 KM. Potensi tsunaminya kecil bahkan peringtan tsunami telah dicabut demikian informasi dari BMKG. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index