Mantap, Malaysia Utus 30 Warganya Belajar RTMPE di Kampar

Mantap, Malaysia Utus 30 Warganya Belajar RTMPE di Kampar
Jefry Noer

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Pejabat Pemerintah Malaysia mengutus 30 orang warganya untuk belajar Program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

 
"Mereka akan mengembangkan program unggulan Kampar ini di Negeri Perak. Sebanyak 30 orang ini dididik sebagai mentor untuk melatih warga Negeri Perak lainnya," kata Bupati Kampar Jefry Noer.
 
Jefry menjelaskan, rombongan dari Negeri Perak tersebut akan tiba di Kampar pada 7 Maret 2016 dengan juga ada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama.
 
"Selain Negeri Perak, nantinya juga ada sejumlah daerah lainnya di Malaysia yang akan melatih warga mereka ke Kampar untuk mengetahui RTMPE," kata dia.
 
Jefry menjelaskan, bahwa gaung program unggulan untuk mengentaskan kemiskinan itu telah dikenal hingga Malaysia setelah sejumlah petinggi dan pemilik perusahaan herbal berkunjung ke Kampar beberapa waktu lalu.
 
Jefry Noer memaparkan bahwa, selain Negeri Perak, juga akan ada warga utusan dari Negeri Johor. Untuk yang dalam waktu dekat, kata dia, juga akan hadir para pejabat dari Negeri Perak Malaysia yang akan mengunjungi RTMPE Kampar.
 
"Dengan kata lain, setelah rombongan dari dua daerah dari negeri jiran Malaysia tinjau nantinya tersebut berencana akan mengadakan  Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar terkait program RTMPE," kata Jefry.
 
Menurut agendanya, rombongan Malaysia natinya akan meninjau pilot projet RTMPE Kubang Jaya, Siak Hulu dan Koperasi Mitra Kampar Mandiri terdekat. 
 
Kemudian, rombongan juga akan mengunjungi RTMPE yang ada di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, lanjut peninjauan dilaksanakan ke RTMPE yang berada di Desa Aur Sati Kecamatan Tambang, kegiatan jahit menjahit yang juga berada di Desa Aur Sati, Desa Pulau Permai dan Desa Terantang Kecamatan Tambang.
 
Rombongan juga dijadwalkan akan berkunjung ke Kantor Bupati Kampar Bangkinang. Selanjutnya dilanjutkan perjalanan menuju menuju Pembuatan Ikan Salai pati di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar dan Danau PLTA Koto Panjang. Selain itu kunjungan beberapa kegiatan Kerajinan tangan masyarakat seperti pembuatan Lopek Bugi dan Pembuatan Kerajang speda motor  yang terbuat dari Rotan. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index