Sukseskan PIN Polio, 69 Ribu Balita di Inhil akan Diimunisasi

Sukseskan PIN Polio, 69 Ribu Balita di Inhil akan Diimunisasi

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Sosialisasi pekan imunisasi nasional (PIN) Polio 2016 semakin gencar dilakukan menjelang pelaksanaannya 8-15 Maret mendatang. 

 
Kepala dinas kesehatan melalui Kepala bidang (Kabid) Pengendalian Masalah kesehatan Kabupaten Inhil, Dr Saud Pakpahan mengimbau para orang tua yang memiliki anak usia nol sampai 59 bulan atau berusia sampai satu hari sebelum ulang tahunnya yang kelima wajib membawa anaknya imunisasi.
 
Imunisasi ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Untuk target PIN di Inhil adalah 69 ribu balita. 
 
Pakpahan mengungkapkan sejauh ini persiapan pelaksanaan PIN Polio 2016 sudah 100 persen. Sosialiasi dan advokasi ke seluruh Kabupaten/kota se-Provinsi Riau sudah dilakukan, mulai dari kepala daerah sampai level Puskesmas. 
 
"Untuk tanggal 7 Maret 2016, Bupati Inhil, HM Wardan akan melakukan pencanangan Pekan Imunisasi Polio di Puskesmas Tembilahan Hulu, Jalan Sederhana. Nantinya tim kita akan memonitor kegiatan vaksin polio dari tangal 8-15 Maret 2016," kata Pakpahan, Kamis, 3 Maret 2016
 
Pakpahan menjelaskan, logistik terkait imunisasi ini pun sudah siap dan sudah diedarkan hingga ke provinsi dan kabupaten kota. Juga, saat ini baliho-baliho dan poster-poster sudah terpasang serta beberapa darah sudah mulai memasang iklan lokal. 
 
Lebih lanjutnya, Pakpahan juga mengatakan bahwa pelaksanaan PIN polio 2016 ini, tidak dipungut biaya karena semua biaya sudah ditanggung pemerintah. 
 
"Jadi, jangan sampai tidak hadir. Di setiap daerah akan diselenggarakan di area yang berbeda. Di antaranya di Posyandu, puskesmas, TK, Paud atau sejumlah area lainnya," paparnya
 
"Walau pun anak sudah pernah imunisasi polio lengkap, tapi saat PIN polio 2016 nanti, tetap wajib ikut. Karena pemberian imunisasi dilakukan untuk semua balita tanpa memadang status imunisasi, karena ini imuniasi tambahan atau bonus. Supaya semua balita mempunyai kekebalan yang sama dulu untuk dunia bebas polio," sambungnya. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index