Atasi Karlahut, Pangdam Bukit Barisan Kerahkan 1.000 Personil TNI

Senin,07 Maret 2016 | 15:27:02 WIB
Atasi Karlahut, Pangdam Bukit Barisan Kerahkan 1.000 Personil TNI
Ket Foto : Lodewyk Pusung

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kodam Bukit Barisan siap mengerahkan 1.000 pasukan cadangan TNI guna membantu proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau yang terus meluas. 

 
Rencana pengerahan pasukan TNI itu adalah sebagai proses mempercepat penanggulangan karhutla yang masih terjadi di empat kabupaten dan kota di Riau seperti Kota Dumai, Bengkalis, Siak dan Meranti.
 
Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewyk Pusung mengatakan, dirinya sudah menginstruksikan kepada seluruh Kodim serta Babinsa di seluruh Riau untuk mengambil tindakan. Pihaknya bersama Polri juga akan melakukan patroli gabungan.
 
"Untuk tindakan penanggulangan dan patroli, kami akan menurunkan empat Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang dibantu personil Polri serta personil pemadam. Jika belum bisa teratasi, kami sudah menyiagakan 1.000 personil TNI yang siap dikerahkan ke Riau kapan pun dibutuhkan," kata Lodewyk kepada wartawan di Lanud Roesmin Nurjadin, Senin, 7 Maret 2016.
 
Lodewjk mengatakan, pihaknya juga sudah menyiagakan 1.000 pasukan cadangan yang siap digeber ke Riau. Selain itu, setiap personil TNI akan dibekali persenjataan dan peluru tajam untuk berjaga-jaga.
 
"Sejauh ini, belum ada indikasi kebakaran lahan dilakukan oleh perusahaan perkebunan yang terlibat. Yang ditangkap polisi itu semuanya masih masyarakat. Yang pasti, seluruh wilayah berpotensi karhutla akan menjadi fokus kita," katanya.
 
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, hari ini telah menyatakan bahwa Provinsi Riau berstatus siaga darurat karhutla hingga tiga bulan ke depan. (R07)

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS