Imbau Laksanakan Salat Gerhana Matahari, Muhammadiyah Riau Sediakan Enam Lokasi di Pekanbaru

Imbau Laksanakan Salat Gerhana Matahari, Muhammadiyah Riau Sediakan Enam Lokasi di Pekanbaru
Gerhana matahari.
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) – Muhammadiyah Riau mengimbau seluruh masyarakat Riau untuk melaksanakan salat gerhana matahari pada 9 Maret 2016 yang akan datang. Untuk itu, organisasi dakwah keislaman ini menyediakan enam lokasi di Pekanbaru sebagai tempat pelaksanaan salat.
 
Untuk pelaksanaan shalat Gerhana Matahari di Kota Pekanbaru, telah ditentukan di enam lokasi antara lain di Masjid Al-Fida’ Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Masjid At-Taqwa Pasar Pusat, Masjid At-Taqwa Jalan Srikandi, Masjid Nurul Yaqin Jalan Paus, Masjid Al-Furqon Jalan Jenderal. 
 
Sementara itu untuk lokasi di daerah kepada segenap warga Muhammadiyah agar dapat melaksanakannya di lokasi-lokasi yang ditetapkan Pimpinan Daerah masing-masing. 
 
Dalam rilisnya, Muhammadiyah menyebutkan, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, akan terjadi Gerhana Matahari pada hari Rabu 29 Jumadilawal 1437 H atau  9 Maret 2016 Masehi. 
 
Berkenaan dengan itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 02/EDR/1.0/B/2016, tanggal 22 Jumadil Awal H / 2 Maret 2016 M tentang Gerhana Matahari 9 Maret 2016. 
 
Edaran tersebut disampaikan kepada segenap Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranting, Pimpinan Organisasi Otonom dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Shalat Sunnah Gerhana Matahari dan melakukan pengamatan menggunakan alat-alat yang dimiliki .
 
Edaran yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir dan Sekretaris Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed itu juga menyebutkan bahwa gerhana matahari sebagian terjadi mulai pukul 06:16:WIB. Gerhana total terjadi mulai pukul 07:17:30, tengah gerhana terjadi pukul 08:57:12, dan gerhana total berakhir pukul 10:36:45. 
 
Gerhana sebahagian berakhir pukul 11:34:55 WIB dan durasi gerhana terjadi selama 4 menit 9,5 detik. Hasil keteramatan gerhana matahari sebagian untuk posisi kota Pekanbaru yaitu berada pada bujur 1010 26’ BT dan lintang 00 33’LU, tercatat gerhana mulai pukul 06:22:14 WIB, puncak gerhana 07:21:49 dan akhir gerhana pukul 08:29:23 WIB.
 
Menindaklanjuti itu PW Muhammadiyah Riau meneruskan edaran tersebut kepada segenap warga Muhammadiyah di Riau dan akan melaksanakan Shalat Sunnah Gerhana Matahari (Kusuf) di beberapa tempat. 
 
Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Drs. H. Wan Abu Bakar MS, M.Si didampingi Sekretaris Drs. H. Amran Hasan, MM dan Bendahara H. Abunawas, S.Ag., MM pada Senin (7/3/2016) di Kantor PW Muhammadiyah Riau Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 88 Pekanbaru. 
 
Wan Abu Bakar mengatakan “Peristiwa gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Untuk itu Saya menghimbau kepada segenap warga Muhammadiyah di Riau agar dapat melaksanakan Shalat Gerhana Matahari sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT”. 
 
Wan menambahkan “Gerhana matahari merupakan bukti hukum Allah, kapan terjadinya telah dapat diprediksi dan dihitung jauh hari sebelumnya, untuk itu kita agar tidak salah menyikapinya dengan mempercayai sebagaimana kepercayaan bahwa saat itu matahari ditelan oleh makhluk yang bernama raksasa”. (R11/r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index