Ini Lokasi Shalat Gerhana di Pekanbaru yang Digelar Muhammadiyah

Ini Lokasi Shalat Gerhana di Pekanbaru yang Digelar Muhammadiyah
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau seluruh warganya untuk melaksanakan shalat sunnah gerhana matahari, Rabu, 9 Maret 2016.

 
Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, H Wan Abu Bakar mengatakan peristiwa gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. 
 
"Untuk itu Saya mengimbau kepada segenap warga Muhammadiyah di Riau agar dapat melaksanakan Shalat Gerhana Matahari sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT," ungkapnya. 
 
Wan menambahkan, Gerhana matahari merupakan bukti hukum Allah, kapan terjadinya telah dapat diprediksi  dan dihitung jauh hari sebelumnya, untuk itu kita agar tidak salah menyikapinya dengan mempercayai sebagaimana kepercayaan bahwa saat itu matahari ditelan oleh makhluk yang bernama raksasa.
 
Untuk pelaksanaan shalat Gerhana Matahari di Kota Pekanbaru, Muhammadiyah menyiapkan enam lokasi. Seperti Di Masjid Al-Fida Jalan KH Ahmad Dahlan, Masjid At-Taqwa Pasar Pusat, Masjid At-Taqwa Jl. Srikandi, Masjid Nurul Yaqin Jl. Paus, Masjid Al-Furqon Jl. Jenderal. 
 
Imbauan pelaksanaan shalat gerhana matahari ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, akan terjadi Gerhana Matahari pada hari Rabu 29 Jumadilawal 1437 H/ 9 Maret 2016 M. 
 
Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 02/EDR/1.0/B/2016, tanggal 22 Jumadil Awal H / 2 Maret 2016 M tentang Gerhana Matahari 9 Maret 2016. Edaran tersebut disampaikan kepada segenap Pimpinan Wilayah di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Shalat Sunnah Gerhana Matahari dan melakukan pengamatan menggunakan alat-alat yang dimiliki.
 
Sebagai data tambahan, Gerhana matahari sebagian terjadi mulai pukul 06:16:WIB. Gerhana total terjadi mulai pukul 07:17:30, tengah gerhana terjadi pukul 08:57:12, dan gerhana total berakhir pukul 10:36:45. Gerhana sebagian berakhir pukul 11:34:55 WIB dan durasi gerhana terjadi selama 4 menit 9,5 detik.
 
Hasil keteramatan gerhana matahari sebagian untuk posisi kota Pekanbaru yaitu berada pada bujur 1010 26" BT dan lintang 00 33"LU, tercatat gerhana mulai pukul 06:22:14 WIB, puncak gerhana 07:21:49 dan akhir gerhana pukul 08:29:23 WIB. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index