Bisakah Pekanbaru Bebas Sampah Tahun 2020?

Bisakah Pekanbaru Bebas Sampah Tahun 2020?
Dr Firdaus ST MT

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Seiring dengan target Pemerintah Pusat, bahwa tahun 2020 Indonesia bebas dari sampah. Pemerintah kota Pekanbaru juga mencanangkan hal yang sama.

 
Bahkan, Pemko memasang target sebelum batas deadline 2020. Hal ini diungkapkan Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT, pada Selasa, 8 Maret 2016 kemaren.
 
"Indonesia Bebas Sampah 2020, Pekanbaru sebelum itu harus bebas sampah," kata Wali kota.
 
Saat ini, Pemko mulai bergetak baik dari internal melalui Satuan Kerja (Satker) hingga bekerjasama dengan pihak ketiga. Cara lain, Pemko juga mulai memilah-milah sampah organik dan non-organik.
 
"Sampah dipilah, plastik basah kering dipisah. Sampah plastik bisa dikumpulkan di bank sampah. Melalui sekolah adiwiyata juga untuk mengolah dan didaur ulang," imbuhnya.
 
Disebutkan orang nomor satu di Pekanbaru ini, penanganan sampah juga masih mengalami beberapa kendal. Seperti jumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang masih sangat minim.
 
"Memang kita akui TPS kita kurang, pihak ketiga yang mengelola masih belum maksimal. Namun kesadaran masyarakat kita akan membuang sampah pada waktu yang telah ditentukan kurang disiplin. Hal ini sampah kembali menumpuk," ungkapnya.
 
Ia meminta masyarakat untuk sadar dan disiplin membuang sampah. "Masyarakat madani adalah masyarakat yang disiplin. Kalau Pekanbaru bersih yang senang toh bukan pemerintah saja, tapi kita semua," ujarnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index