Survei ICW: 212 Pejabat Terlibat Kasus Korupsi

Senin,14 September 2015 | 16:32:30 WIB
Survei ICW: 212 Pejabat Terlibat Kasus Korupsi
Ket Foto : Ilustrasi
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Hasil survei terbaru Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan ada sebanyak 212 orang pejabat terlibat kasus korupsi.
 
"ICW mengidentifikasi ada sebanyak 212 orang yang berlatar belakang sebagai pejabat atau pegawai kementerian atau pemda. Latar belakang tersebut adalah aktor paling banyak terjerat kasus korupsi," ujar aktivis ICW, Wana Alamsyah, Senin (14/9).
 
Selanjutnya pada urutan kedua, ICW mengidentifikasi sebanyak 97 kasus melibatkan pihak swasta, mulai dari direktur, komisaris, konsultan dan pegawai swasta. Kemudian 28 orang berlatar belakang kepala desa, camat dan lurah.
 
Sementara kepala daerah terindikasi kasus korupsi sebanyak 27 orang, kepala dinas 26 orang, anggota DPR, DPRD dan DPD 24 orang. Urutan berikutnya sebanyak 12 orang dari kalangan pejabat atau pegawai lembaga negara lain, 10 orang di lingkungan BUMN dan BUMD dan 10 orang di lingkungan kelompok masyarakat.
 
Ditambahkan Wana, jika melihat kasus dugaan korupsi pada smester I tahun 2015 di sektor infrastruktur. Sebanyak 139 kasus atau 45 persen dari total kasus dengan kerugian negara Rp 832,3 miliar. 
 
Sementara itu noninfrastruktur sebanyak 169 atau 55 persen dari total kasus dengan kerugian negara sebesar Rp411,4 miliar.
 
"Meskipun kasus yang termasuk infrastruktur tergolong lebih rendah dari non infrastruktur, tapi kerugian negara yang ditimbulkan hampir dua kali lipatnya," beber Wana. (R02)

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS