Suayatno Tetapkan Status Rohil Siaga Karlahut

Suayatno Tetapkan Status Rohil Siaga Karlahut
Bupati Rohil Suyatno saat memimpin rapat

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mulai menetapkan status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). 

 
Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Rokan Hilir  Nomor 21 Tahun 2016 yang disampaikan Bupati Rohil H Suyatno saat memimpin Rapat Koordinasi karlahut, Kamis, 9 Maret 2016 di Mess Pemda Rohil Jalan Perwira.
 
Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk turut serta memantau dan memadamkan jika ditemukan adanya kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Rokan Hilir karena menurutnya tugas tersebut tidak hanya di pundak Kepolisian, TNI dan Jaksa melainkan semua pihak.
 
"Semua Stokholder lah, khususnya kepada para camat harus proaktif, karena posisi kebakaran lahan dan hutan berada di kecamatan, untuk itu lakukan koordinasi dan bergerak cepat," tegasnya.
 
Bupati juga berharap para Camat untuk melakukan koordinasi dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Rokan Hilir karena mereka memiliki alat pemadam kebakaran yang lengkap.
 
Camat juga diminta untuk bahu-membahu dalam melakukan pemadaman kebakaran dan hutan. Jangan kaku ketika ada lahan kecamatan lain terbakar dan juga membentuk masyarakat gotong royong peduli api.
 
Suyatno juga meminta kepada media untuk berperan aktif dalam memberikan informasi yang akurat. Karena menurutnya, media cepat dan tanggap dalam mendapatkan informasi.
 
Kepada Kesbangpolinmas dan BPBD Rohil, Bupati Suyatno minta bergerak cepat jika terjadi kebakaran hutan, dan peralatan yang ada harus disiagakan di daerah rawan kebakaran.
 
"Jangan peralatan pemadaman diletak di dalam gudang, jadi mulai hari ini semua peralatan Pemadaman harus diletak di kecamatan-kecamatan yang rawan kebakaran," ujar Bupati Rohil.
 
"kita juga sudah dapat persetujuan dari dprd Rohil untuk penambahan 10 mesin pemadam kebakaran di BPBD rohil, dan kita juga mendapat bantuan dari Pemprov Riau berupa 18 unit mesin alat kebakaran dan 1 mobil damkar yang masih dalam tahap lelang. Kita juga telah mengajukan permohonan kepada Bank Riau Kepri berupa mesin pemadam sebanyak 20 unit," pungkasnya.
 
Hadir pada Rakor, Kapolres Rohil AKPB.Subiantoro.SH.S.Ik, Dandim 0321 Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kejari Bagansiapiapi diwakili Kasi Pidum Sobrani Binzar.SH, Kepala Brimob, Kadis Cipta Karya Suandi, Kadisdik Amiruddin dan Kepala SKPD terkait serta seluruh camat se-Rohil. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index