Asyik...29 Desember 2019, Riau Bakal Dilintasi Gerhana Matahari Cincin

Asyik...29 Desember 2019, Riau Bakal Dilintasi Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin

GORONTALO (RIAUSKY.COM) - Kabar baik bagi anda yang tinggal di tiga provinsi ini, kabarnya Gerhana Matahari cincin (GMC) di Indonesia akan melintasi 3 provinsi, yaitu Aceh, Riau, dan Kepulauan Riau, pada 26 Desember 2019.

 
Gerhana Matahari cincin berbeda dengan Gerhana Matahari total. Pada GMC, posisi bulan lebih mendekat matahari sehingga diameter bulan tampak lebih kecil dibandingkan saat terjadi Gerhana Matahari total.
 
“Pada GMC, matahari tidak sepenuhnya ditutup bulan, bulan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan bola matahari sehingga saat gerhana dilihat akan membentuk lingkaran cincin api,” kata Hasan Arif, staf Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gorontalo, Kamis, 10 Maret 2016.
 
Gerhana Matahari cincin ini akan menyerupai sebuah cincin api yang membara di angkasa. Suasana alam tidak segelap Gerhana Matahari total.
 
Bentuk cincin membara di angkasa ini akan menjadi fenomena alam yang unik. Diperkirakan, ketiga provinsi yang diilintasi GMC ini akan lebih banyak didatangi para wisatawan maupun ilmuwan.
 
Sementara itu, Gerhana Matahari total (GMT) kembali akan melintasi Indonesia pada 20 April 2023. (R02/KOM)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index