Atasi Karlahut, Plt Gubri Minta Helikopter ke BNBP

Atasi Karlahut, Plt Gubri Minta Helikopter ke BNBP
Andi Rachman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, sejumlah anggota Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan dikerahkan ke daerah yang lahannya saat ini sedang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
 
Ada pun Satpol PP yang akan diturunkan ke dearah karhutla adalah Satpol PP yang berada di wilayah Kampar dan Pekanbaru.
 
"Jadi gini, Satpol PP rencananya juga akan kita kirim ke daerah yang sedang mengalami Karhutla. Hal ini kita ambil, sebagai langkah untuk membantu proses pemadaman api di wilayah yang terbakar," katanya.
 
Andi Rachman mengaku, pihaknya terus melakukan monitoring setiap hari. Pihaknya juga selalu melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota, TNI dan Polri, Manggala Agni.
 
"Seperti kita ketahui bersama, area gambut di Riau yang begitu luas, membuat jangakauan ke lokasi kebakaran memang sangat menyulitkan. Terkadang, tak ada akses jalan menuju ke lokasi sebagian besar wilayah tersebut," katanya.
 
Andi Rachman memambahkan, pemprov Riau telah meminta bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa alat dan tim, dalam rangka pelakukan pemadaman api yang belum terlalu besar membakar lahan di Riau.
 
"Yang jelas, kita telah meminta bantuan seperti helikopter dan peralatan lain. Dan kita tidak sedang main-main, karhutla harus segara diatasi," katanya.
 
Lebih jauh, Andi Rachman mengatakan, begitu terlihat ada titik api, pihaknya akan langsung mengirimkan bantuan, baik lewat jalur darat maupun jalur udara.
 
"Pokoknya akan terus kita usahakan, kalau tidak bisa lewat darat, kita lakukan lewat udara. Setelah api bisa dipadamkan, akan langsung kita identifikasi, lalu kita proses sesuai undang-undang yang berlaku," katanya. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index