Masuk ke Perkampungan, Seekor Gajah Hancurkan Kebun Warga Rapih

Masuk ke Perkampungan, Seekor Gajah Hancurkan Kebun Warga Rapih

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Seekor Gajah liar yang datang dari Kampung Merempan Hilir Senin, 14 Maret 2016 merambah dan meluluh lantankkan perkebunuan milik warga Kampung Rawang Air Putih Kecamatan Siak. 

Di duga kuat, gajah tunggal tersebut datang dari Kampung tetangga Kampung Merempan Hilir Kecamatan Siak. Demikian informasi ini disampaikan Penghulu Kampung Rawang Air Putih (Rapih) Zaini, saat dikonfirmasi.

 
Kata Zaini, benar saat ini ada seekor gajah yang sedang berkeliaran di Kampung Rawang Air Putih. Keberadaan Gajah tersebut, sangat mengganggu bagi ketentraman dan  keamanan warga, sebab gajah yang masuk ini, merusak tanaman dan kebun-kebun milik warga Kampung Rawang Air Putih. 
 
Kendati pihak Pemerintahan Kampung Rawang Air Putih belum bisa menghitung seberapa besar kerugian yang ditimbulkan, namun kebun pisang, karet dan sawit sebagai sumber kehidupan masyarakat Kampung Rawang Air Putih, luluh lantak oleh gajah ini.
 
"Kami berharap, agar pihak pemerintah setempat, khususnya Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), bisa mencari solusinya, dan dapat menangkap atau menjinakkan gajah yang masuk di Kampung kami ini (Rapih). Sebab, kami sangat kwatirkan gajah tersebut, memperluas gerilyannya dan menambah kerusakan kebun milik masyarakat di sini. Oleh sebab itu harus ada tindakan cepat yang dilakukan oleh BKSDA," pinta Zaini.
 
Disampaikan Zaini, walaupun gajah yang masuk di Kampung Rawang Air Putih ini hanya seekor, namun ia sudah meluluh lantakkan kebun masyarakat di 3 RT di Kampung Rawang Air Putih, untuk itu tindakan cepat harus dilakukan oleh pihak terkait. 
 
"Bila tidak bisa saja gajah ini nantinya akan merusak kebun-kebun lainnya di Kampung Rawang Air Putih. Oleh karenya segera carikan solusi,"ujar Zaini menegaskan.
 
Atas peristiwa ini, kata Zaini, sejumlah aparat Pemerintah yang ada dilingkungan Pemkab Siak, seperti Camat, Polres, Polsek dan Tim dari BKSDA sudah hadir di tempatnya, mereka secara langsung sudah melihat terhadap keberadaan gajah ini, mereka secepatnya akan mencari tahu, dimana titik kemuculan gajah tersebut. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index