Pemkab Rohil Minta Seluruh Lapisan Masyarakat Siaga Karhutla

Pemkab Rohil Minta Seluruh Lapisan Masyarakat Siaga Karhutla
Azhara

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hilir Azhara menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan untuk turut serta berpartisipasi dalam pengawasan lahan yang dimiliki. 

 
Hal ini terkait kebakaran lahan yang terjadi sabtu lalu di kecamatan kubu hingga lebih dari 24 hektar lahan terbakar.
 
“Kepada masyarakat, RT, RW dan kepala dusun diharapkan untuk siap siaga dalam artian masyarakat ikut serta dalam menjaga lahan yang ada di sekeliling. Saya juga sudah sms ke penghulu, ke lurah untuk siap siaga” ungkapnya.
 
Azhara menambahkan kejadian di kubu itu kebakaran lahan hutan tetapi ada pokok sawit yang tidak terlalu banyak, penyembabnya belum pasti, untuk itu saat ini Desa Kubu sedang diterapkan patroli keliling sebagai salah satu tindak lanjut agar tidak terjadi kembali titik api di desa kubu.
   
“Seharusnya yang punya lahan ikut mengawasi, kepada kelompok tani yang memiliki sekian hektar semestinya memiliki pompa air pemadaman api, agar cepat teratasi. Tidak hanya menunggu tindakan dari pemerintah. Bukannya bila terjadi kebakaran begini kita sama-sama yang terkena dampaknya," tegasnya.
 
Azhara juga mengucapkan terimakasih atas peran serta Bupati Rokan Hilir, Kalpores, Dandim, camat, serta perangkat-perangkat desa dan  PT Sinarmas  yang ikut tanggap dalam memadamkan api yang membakar lahan di kecamatan kubu beberapa waktu lalu. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index