Maret 2016, 310 Ha Lebih Lahan dan Hutan Terbakar di Meranti

Maret 2016, 310 Ha Lebih Lahan dan Hutan Terbakar di Meranti
Edy Afrizal

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Kepulauan Meranti mencatat bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti Per 1-12 Maret 2016, menghanguskan lebih 310 hektar lahan dan hutan di Kepulauan Meranti.

 
Plt Kepala BPBD Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal mengatakan, kebakaran tersebut merata terjadi di 4 (Empat) gugusan pulau se-Kabupaten Kepulauan Meranti yakni Pulau Ransang, Pulau Padang, Pulau Merbau dan Pulau Tebing Tinggi. 
 
Masing-masing bencana kebakaran itu melanda wilayah Desa Tanjung Medang Kecamat Ransang (Pulau Ransang) sekitar 40 ha, Desa Kayu Ara Kecamatan Ransang Pesisir (Pulau Ransang) sekitar ha H.
 
Sementara di Pulau Padang tepatnya di Desa Mekar Kecamatan  Merbau sekitar 150 ha dan di Pulau Merbau tepatnya di Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau sekitar 70 ha serta di Desa Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi (Pulau Tebing Tinggi) hanya sekitar 0,25 ha.
 
"Saat ini kami bersama pihak kecamatan, TNI-Polri, Satpol PP, pihak perusahaan dan masyarakat masih terus melakukan upaya pemadaman dilapangan," tutur Plt BPBD Meranti. 
 
Namun lanjutnya, dengan kondisi cuaca cukup panas dan angin kencang serta kurangnya peralatan yang ada menjadi kendala  dilapangan. selain itu minimnya sumber air dilokasi juga  menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pemadaman Karlahut.
 
"Saat ini kita terus melakukan kordinasi dengan pihak BPBD Provinsi untuk memaksimalkan proses pemadaman, Hal ini dikhawatirkan akan merambat ke pemukiman penduduk desa disekitar lahan yang terbakar," ungkapnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index