Belajar Kelola Pariwisata, Pansus DPRD Riau Stuban ke Yogyakarta

Belajar Kelola Pariwisata, Pansus DPRD Riau Stuban ke Yogyakarta
Ade Hartati

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam memperdalam kosa kata dan perbendaharaan draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengembangan Pariwisata dan Tujuan Wisata yang saat ini sedang dilakukan pembahasan, Panitia Khusus (Pansus) untuk saat ini sedang melakukan Study Banding (Stuban) ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 
Salah seorang Anggota Pansus Ranperda Pemgembangan Pariwisata dan Tujuan Wisata DPRD Riau, Ade Hartati Rahmad saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan mencontoh pengelolaan dan pengembangan wisata yang ada di DIY.  
 
Mengigat pariwisata di daerah tersebut sudah begitu baik dan tanpa menggandeng pihak ke tiga dalam pengelolaan.
 
"Ternyata DIY menggunakan sistem ekonomi kreatif dalam pengembangan kepariwisataannya dengan mengutamakan masyarakat kecil dalam pengelolaan. Sehingga ini lebih menyentuh perekonomian masyarakat yang dapat menghidupkan atau menaikkan kesejahteraan masyarakat", jelasnya.
 
Ditambahkan juga oleh Politisi PAN Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru ini, kalau menggandeng pihak ketiga dalam pengelolaan kepariwisataan, multi efek dari kepariwisataan yang dikembangkan tidak akan berdampak positif pada masyarakat sekitar terutsama perekonomiannya. 
 
"Ini bisa jadi salah satu masukan dalam pembuatan Perda Kepariwisataan kita nanti", tambahnya memberikan pengertian. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index