Dewan Minta Pemko Revitalisasi Angkutan Umum di Pekanbaru

Dewan Minta Pemko Revitalisasi Angkutan Umum di Pekanbaru
Darnil

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi Hanura, H Darnil menyebutkan, keberadaan angkutan umum yang saat beroperasi di kota Pekanbaru, perlu mendapatkan perhatian serius. Sebab, banyak angkutan umum dinilai tidak layak beroperasi.

 
“Pemko Pekanbaru dalam hal ini Dishubkominfo perlu melakukan kajian terhadap keberadaan angkutan umum yang tidak layak tersebut. Salah satunya dengan melakukan revitalisasi,” sebut Darnil, kepada wartawan, ditemui di DPRD Pekanbaru, Kamis, 17 Maret 2016.
 
Menurutnya, revitalisasi terhadap angkutan umum dinilai penting. Sebab, pertumbuhan dan kemajuan Kota Pekanbaru yang pesat, membutuhkan transportasi massal yang layak untuk kenyamanan masyarakat.
 
“Sekarang ini, dari segi kelayakan sudah tidak sesuai. Banyak yang tidak memiliki kelengkapan-kelengkapan mulai dari KIR, surat-surat dan kelengkapan lainnya. Kita menyarankan sebaiknya angkutan umum tersebut tidak diperbolehkan beroperasi terlebih dahulu,” pintanya.
 
Dalam melakukan pendataan terhadap sarana angkutan umum, Darnil menyarankan agar Dishubkominfo bersikap transparan dalam melakukan uji KIR terhadap setiap kendaraan-kendaraan umum.
 
“Disini kami minta ketegasan dari Dishubkominfo. Ditambah, padatnya mobilitas kendaraan di Kota Pekanbaru membuat rawan kemacetan terutama diruas-ruas jalan protokol. Bahkan mobil yang tidak layak tersebut juga menambah polusi udara,” pungkasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index