Begini Cara Diskanlut Tingkatkan Komoditi Ikan di Rokan Hilir

Begini Cara Diskanlut Tingkatkan Komoditi Ikan di Rokan Hilir
Plt Diskanlut Rohil M Amin

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Perikanan dan Kelautan mulai tahun 2013 lalu melakukan pembudidayaan benih ikan. 

 
Hal ini dilakukan Pemkab Rohil guna meningkatkan komoditi ikan sungai maupun ikan laut yang ada di kabupaten Rohil.
 
“Awal pelaksanaannya yaitu pada tahun 2013 lalu kita mulai dengan mempersiapkan sarana dan prasarana. Untuk tahun 2014 kita sudah membenihkan lele dan nila. Dan untu tahun 2015 kita sudah mulai melakukan pembenihan ikan selais yang spesiesnya lebih meningkat dan alhamdullilah sampai saat ini sudah ada dua kolam induk selais," ujar Plt Diskanlut Rohil M Amin, Jumat 18 Maret 2016.
 
“Tahun 2015 lalu lebih dari 200.000 benih ikan sudah dibagikan ke masyarakat, tentunya bagi masyarakat yang mendapatkan benih ikan ini ada persyaratannya yaitu kolam standar 5m x 10m dengan kedalaman 1,5 m. Dan pada awal tahun 2016 kita akan membudidayakan benih ikan selais dan baung yang teknologinya sudah kita kuasai. Kedepanya kita sudah menargetkan pembenihan ikan tampah karena ikannya lebih mahal,” tambahnya.
 
Sementara untuk daerah pesisir, pihaknya juga akan melakukan budidaya laut seperti kepiting dan rajungan karena saat ini masih dipelajari teknologinya. 
 
"Untuk kerang sendiri di balai budidaya belum ada yang mampu membudidayakan kerang dan hal ini masih diuji coba. Sementara untuk budidaya keramba terapung sudah kita mulai dari tahun 2014 yaitu di kepenghuluan Sungai Pinang Kecamatan Pujud yang dimulai dari 20 petak keramba terapung ikan patin” pungkasnya. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index