Resmikan Enam BUEK, Bupati Rohul: Terobosan Pertama di Indonesia

Resmikan Enam BUEK, Bupati Rohul: Terobosan Pertama di Indonesia
Bupati Rohul Resmikan BUEK

PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Setelah berhasil menjadi kabupaten Badan usaha milik desa (Bumdes) yang dulunya bernama Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (Ued-SP), Kini Rokan Hulu (Rohul) kembali ingin mensukseskan Badan Usaha Ekonomi Kelurahan (BUEK).

 
"Ini merupakan yang pertama di Indonesia, adanya BUEK, karena kita telah berhasil mengembangkan Bumdes kita juga akan mensukseskan BUEK menjadi penggerak ekonomi masyarakat di Kelurahan," kataBupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, saat melantik pengurus serta meresmikan enam BUEK sebagai lembaga ekonomi legal di tengah-tengah masyarakat, Senin, 21 Maret 2016.
 
‎Ia menambahakan, lembaga ekonomi resmi tersebut (BUEK) diharapkan bisa membantu masyarakat dalam permodalan, guna menghindari rentenir yang selama ini telah mencekik ekonomi masyarakat, dan itu merupakan terobosan pertama di Indonesia.
 
BUEK sendiri nantinya akan bergerak dibidang perdagangan, pasalnya, masyarakat yang berada di kelurahan kebanyakan pengusaha. Untuk itulah BUEK nantinya akan fokus memberikan modal perdagangan baik usaha, maupun jasa pelayanan.
 
Lebih lanjut dijelaskanya, dengan hadirinya BUEK, masyarakat tidak lagi melakukan peminjaman terhadap rentenir, yang bunga nya mencekik masyarakat kecil. Sehingga BUEK bisa menjadi lokomotif penggerak ekonomi kelurahan.
 
Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk terus berkoordinasi dengan pengurus BUEK, mengenai permodalan, sehingga nantinya masyarakat akan sejahtera dalam membangun usaha. Sehingga masyarakat, senang meminjam dan senang mengembalikan.
 
Sementara, Kepala BPMPD Rohul Abdul Haris mengungkapkan, Program ini tercipta, berkat pemerintah sukses membina lembaga ekonomi masyarakat yakni, Bumdes di 136 desa se-Rohul.
 
Bahkan Bumdes di Rohul menjadi tempat kunjungan daerah-daerah lainnya di Indonesia untuk Studi Banding (Stuban) dalam mempelajari suksesnya Bumdes . 
 
"Kita berharap BUEK nantinya bisa sukses seperti Bumdes, sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat," jelasnya.
 
Dirinya menjelaskan, enam BUEK yang diresmikan oleh bupati yakni, Kota Lama Sejahtera, (Kelurahan Kota Lama), Bina Utama (Pasir Pangaraian) Kepenuhan Tengah (Keluharan Kepenuhan Tengah), Mitra Bersama (Ujungbatu) Rokan Sejahtera (Keluarahan Rokan) dan Pelita Tambusai (Kelurahan Tambusai Tengah).
 
"Sesuai bimbingan Bupati Rohul, BUMDes, sudah berjalan dengan sukses. Kini BUEK tersebut merupakan terobosan baru, diharapkan nanti pengurus komit, termasuk nanti pengguna, harus senang meminjam senang mengembalikan, konsep harus diterapkan," pungkasnya. (Advertorial/R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index