Punya Embarkasi Haji, JCH Riau Bisa Terbang Langsung ke Madinah

Punya Embarkasi Haji, JCH Riau Bisa Terbang Langsung ke Madinah
Ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tahun depan, Riau akan jadi embarkasi haji sendiri, artinya jemaah calon haji (JCH) tak perlu ke Batam lagi, selain memangkas jarak dan waktu, biaya yang dikeluarkan juga bisa lebih hemat.
 
Setiap tahun, Provinsi Riau terus mengeluarkan dana domestik sebesar Rp23 miliar untuk proses keberangkatan haji melalui embarkasi haji di Batam, Kepulauan Riau.
 
Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menegaskan hal ini bisa diwujudkan pada 2017 nanti, jamaah calon haji yang berangkat dari Riau udah bisa langsung ke Madinah.
 
Untuk diketahui, jumlah jamaah calon haji Riau merupakan yang terbanyak di Embarkasi Batam, mencapai 70 persen dari total keseluruhan.
 
"Untuk tahun 2017 sudah resmi jadi embarkasi haji di Pekanbaru, jadi jemaah haji kita langsung dari Pekanbaru ke Arab Saudi," ujar Plt Gubri.
 
Rencananya, tahun 2016 ini, dengan panjang landasan pacu (runway) Bandara Sultan Syarif Kasim II 2.600 meter, Riau sudah mulai bisa menerapkan bandara transit. Dimana pesawat besar sudah terbang dari Pekanbaru ke Batam, dan dari Batam langsung ke Madinah. Tanpa perlu menginap di asrama haji Batam lagi seperti sebelum-sebelumnya.
 
"2016 kita sudah bisa terbang dari SSK II, transit saja di Batam langsung ke Arab Saudi," jelasnya.
 
Dengan kebijakan ini seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Riau akan merasa terbantu. Mengingat selama ini pemerintah daerah harus mengalokasikan anggaran untuk penerbangan dari Pekanbaru ke Batam bagi jamaahnya. Sebagian harus membawa jamaah melalui jalur laut ke Batam, seperti jamaah calon haji asal Siak, Bengkalis, Meranti dan Dumai. (R02/TP)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index