Program OMS, Dorong Kemandirian dan Pemberdayaan Masyarakat Pekanbaru

Program OMS, Dorong Kemandirian dan Pemberdayaan Masyarakat Pekanbaru
Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT ikut bekerja bersama warga dan OMS untuk melakukan pemabnguna jalan lingkungan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Bertujuan memberdayakan masyarakat setempat, serta untuk percepatan pembangunan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di bawah kepemimpinan Wali Kota (Wako) - Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT - Ayat Cahyadi SSi dalam empat tahun terakhir mendorong kemandirian masyarakat. 

 
Salah satu program unggulan yang diterapkan adalah membentuk lembaga-lembaga untuk memberdayakan masyarakat serta mampu mandiri menyelesaikan untuk mengentaskan persoalan di Kecamatan mereka masing-masing.
 
Lembaga pengentas kemiskinan yang dibentuk ini adalah organisasi masyarakat setempat (OMS). OMS dibentuk oleh masyarakat sendiri, kemudian dikukuhkan pemerintah kota melalui camat. Salah satu kegiatan OMS adalah membangun rumah layak huni (RLH). Selain itu ada semenisasi jalan dan membuat sumur arthesis.
 
Dalam setahun, Pemko Pekanbaru membangun 250 rumah tipe 36 melalui OMS. Dananya berasal dari dinas cipta karya yang ditransfer ke rekening OMS. Dalam empat tahun terakhir, di Kota Pekanbaru sendiri sudah dibangun 1000 RLH. Keberadaan RLH diharapkan bisa memberikan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat tidak mampu.
 
Selain membangun RLH, OMS dalam kegiatannya juga mengerjakan semenisasi jalan lingkungan dan membuat sumur artesis di permukiman warga. Pekerjaan itu dilakukan secara bergotong royong. 
 
"Inovasi baru seperti ini dari mereka untuk mereka dan kebersamaan yang mereka bangun," kata Wako.
 
Wako  menegaskan, dengan dibentuknya OMS, kemandirian masyarakat bisa terbentuk. Karena anggaran yang diberikan melalui APBD dikelola langsung oleh masyarakat setempat sehingga tepat sasaran.
 
Selain itu, OMS juga telah ribuan kali menyelasaikan proyek semenisasi jalan, hal ini agar akses jalan-jalan dipemukiman masyarakat hingga ke sudut kota Pekanbaru menjadi mudah.
 
Hal lain bagi masyarakat yang kesulitan mencari air bersih, OMS sendiri telah ditunjuk untuk menanggulangi hal itu dengan membangun sumur arthesis. (Advertorial/R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index