Kerjasama dengan BPN, Tiga Satker di Siak Raih Penghargaan

Kerjasama dengan BPN, Tiga Satker di Siak Raih Penghargaan

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan Badan Pertananhan Nasional (BPN), akan membagikan 2.500 sertifikat tanah Prona dan 350 persil tanah di Kabupaten Siak.

 
Dari 2.500 sertifikat Program Nasional (Prona) itu, nantinya akan dibagikan pada masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Jumlah total persil tanah yang turut dibagikan, 100 persil (bidang tanah) diantaranya telah diperuntukkan bagi nelayan, sedangkan 250 persil lagi telah diplot kepada usaha kecil menengah (UKM) yang ada.
 
Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Drs.H.Tengku Said Hamzah,M.Si, usai menghadiri kunjungan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan di Kantor Wilayah BPN Riau.
 
Hamzah menjelaskan Penyerahan sertifikat Prona ini terselenggara berkat bekerjasama Pemkab Siak dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten. Penerimanya tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Siak.
 
“Untuk prona, sudah terealisasi sekitar 800 sertifikat, sedangkan persil yang dimaksud bagi nelayan dan UKM sudah tuntas. Namun kita targetkan hingga bulan Mei ini, keseluruhan proses sertifikasi Prona sudah bisa kelar" kata Hamzah.
 
Kata Hamzah, Pemkab Siak amat mendukung keberlanjutan proses sertifikasi tanah masyarakat ini, karena sudah tentu masyarakat penerima akan langsung dapat merasakan kemudahan dan manfaatnya. 
“Dalam waktu dekat ini, akan dilaksanakn Momerandum of Understanding (MoU) sertifikat tanah desa dengan jumlah 643 persil," imbuhnya.
 
Hal senada juga dibeberkan Kepala Badan Pertanahan Siak Martony, menurutnya pola kerjasama yang telah terbentuk dengan Pemerintah Daerah di ‘Negeri Istana Siak ini’. 
 
Katanya, secara teknis data lahan yang disertifikasi sebelumnya telah diusulkan oleh masing-masing penghulu dan lurah di Kabupaten Siak. 
 
"Kita hanya menerima usulan dari Penghulu Kampung dan Lurah saja, BPN kemudian akan menerbitkan sertifikat tanah dimaksud. Kecuali program nelayan dan UKM, teknisnya diserahkan kepada dinas terkait. Mudah-mudahan, bulan Mei atau paling lambat Juni, semuanya sudah kelar," jelas Martony penuh optimis.
 
Dalam kegiatan yang sama, tiga Satuan Serja (Satker, red) di lingkungan Pemkab Siak, diantaranya Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Peternakan dan Perikanan menerima penghargaan dari Kepala Kanwil BPN Provinsi Riau, H Armansyah Salam. 
 
Penghargaan itu diraih atas dukungan dan partisipasi aktif satuan kerja tersebut dalam mensukseskan kegiatan program strategis pertanahan yang dicanangkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN tahun 2016 ini.
 
"Tentu prestasi ini menjadi kebanggaan bagi kita, karena 3 satker meraih penghargaan dalam menjalankan program strategis pemerintah pusat," ungkap Sekda Hamzah.
 
Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak Drh Susilawati menyebutkan, realisasi Program Nasional pada instansi yang dipimpinnya, ditujukan untuk memberikan bantuan sertifikat tanah pada nelayan di Kabupaten Siak. 
 
"100 persil lahan ini sudah tuntas kita kerjakan semua, target yang diberikan sebenarnya hingga bulan Mei, tapi Alhamdulillah hingga pertengahan bulan Maret sudah kita tuntaskan semuanya," ujar Susi.
 
Hal yang sama kata Susi, juga dilakukan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), yang turut menyelesaikan tugas pokok dan fungsinya dalam mendukung program strategis besutan Kementerian Agraria itu," pungkasnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index