Mau Jadi Calon Sekdaprov Riau? Ini Persyaratannya...

Mau Jadi Calon Sekdaprov Riau? Ini Persyaratannya...
Feizal Karim

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pendaftar calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda) Riau tidak lama lagi mulai dibuka, diantara syarat-syarat yang mesti dipenuhi yakni minimal pernah menjabat dua kali kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

 
Selain itu, sudah mengikuti PIM II atau PIM I, serta memiliki kepangkatan minimal IV D.Sejumlah persyaratan tersebut, bisa saja bertambah lagi, menyesuaikan kriteria yang dibutuhkan demi mendapatkan seorang calon Sekdaprov yang benar-benar paham dalam melaksanakan fungsi dan perannya sebagai administrator tertinggi di lingkungan pemerintah provinsi. 
 
"Kemungkinan minggu ini kita sudah mulai rapat awal membahas proses tahapan seleksi Sekdaprov. Kalau syarat biasanya, ini belum pasti ya karena nanti dirapatkan lagi. Tapi biasanya karena ini Sekda, tentu sudah berpangkat IV D, sudah mengikuti PIM II atau PIM I, pernah menjabat jadi Kadis minimal dua kali," kata salah seorang anggota Panitia Seleksi (Pansel) Sekdaprov Riau, Feizal Komar Karim, akhir pekan lalu.
 
Menurut Feizal, proses seleksi Sekdaprov ini memang jauh lebih rumit dibandingkan dengan seleksi pejabat tinggi pratama (eselon II) yang juga pernah ditanganinya tahun lalu. Dimana nantinya, seorang pelamar Sekdaprov mesti menguasi literatur administrasi pemerintahan serta berbagai kebijakan lainnya. 
 
Selain itu, calon Sekda juga harus mampu mempresentasikan makalah dihadapan Pansel dari pemikirannya. Calon Sekdaprov yang berkualitas tentunya tentu harus memahami bagaimana memecahkan sebuah masalah yang dihadapi SKPD yang dipimpinnya kelak.
 
Ada pun untuk proses pendaftaran, menurut Feizal kemungkinan sudah dimulai minggu depan, setelah Pansel sudah memulai rapat tahap awal minggu ini. Dalam beberapa hari kedepan juga akan dilakukan pertemuan bersama Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman terkait seleksi Sekdaprov Riau.
 
"Mungkin minggu depan proses penerimaan sudah dimulai, kalau minggu ini kita sudah bertemu dengan Plt Gubri yang dilanjutkan dengan rapat tahap awal membicarakan tekhnis perimaan," ujar Feizal yang juga mantan birokrat Pemprov Riau.
 
Seperti diketahui, sejauh ini baru baru Kasiaruddin (staf ahli Gubernur Riau) yang terang-terangan bakal ikut seleksi Sekdaprov Riau. Selain itu, sejumlah calon yang digadang-gadang menjadi Sekdaprov yakni SF Hariyanto dan Ahmadsyah Harofie. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index