Bermodal Tekad yang Kuat, Emriadi Sukses Buka Bengkel Sepeda Motor

Bermodal Tekad yang Kuat, Emriadi Sukses Buka Bengkel Sepeda Motor
Bengkel Motor Emriyadi

TALUKKUANTAN (RIAUSKY.COM) – Bertahun-tahun sudah laki-laki berusia 36 tahun ini bekerja secara serabutan, kadang menjadi penyadap karet atau bertukang. Penghasilannya saat itu tidak menentu, antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per harinya. 

 
Setiap hari, dalam doanya setelah sholat, ia selipkan keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan taraf hidupnya. Doa ia pun dikabulkan Tuhan.
 
Tahun 2002 ia terpilih mengikuti pelatihan montir sepeda motor yang ditaja PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui program Community Development (CD) bidang Usaha Kecil Menengah (UMK) atau Small Medium Enterprise (SME). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat tempatan sekitar operasional.
 
“Kami bersyukur bisa diberikan kesempatan dan ikut pelatihan montir sepeda motor tahun 2002 lalu. Pelatihan yang diberikan pun sangat membantu kami memahami cara kerja mesin sepeda motor. Awalnya, saya bertanya dalam hati, apa saya bisa. Tapi saya jalani saja, saya belajar sedikit demi sedikit, tiga bulan kemudian, saya akhirnya bisa buka bengkel sendiri. Alhamdulillah, senangnya luar biasa. Nama bengkel saya Emriadi Service. Saya beri nama itu agar bengkel ini dikenal orang dengan nama pemiliknya,” tutur Emriadi, mitra bina SME CD RAPP dari Benai, Kuantan Singingi.
 
Emriadi menceritakan awalnya ia tidak memiliki pengetahuan sedikitpun tentang mesin sepeda motor. Bahkan, ia sempat tidak yakin mampu memahami mesin sepeda motor.  
 
Namun, karena tekad belajar yang kuat serta ingin mewujudkan kehidupan yang lebih baik, ia pun memberanikan dirinya untuk ikut pelatihan mekanik atau montir sepeda motor sampai akhirnya bisa membuka bengkel sendiri.
 
Ia mengungkapkan, bengkel yang ia buka tersebut juga dibantu RAPP berupa peralatan bengkel dan satu unit kompresor. Berkat binaan program tersebut, akhirnya Emriadi bisa memiliki usaha sendiri, serta juga dapat memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain lewat bengkelnya.
 
“Alhamdulillah, saya sekarang punya montir yang bantu-bantu saya. Ini berkat program RAPP yang telah memberikan kesempatan baik  untuk saya. Sekarang saya bisa menafkahi keluarga saya dan punya penghasilan lumayan sekitar 3 jutaan dan saya juga bersyukur dimonitor setiap bulan oleh tim dari RAPP. Ini membuat saya semangat untuk bekerja,” jelasnya. 
 
CD Officer RAPP Estate Cerenti, Ismed Inono mengatakan RAPP memiliki komitmen melalui program CD untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar wilayah perusahaan. Dijelaskan Ismet, terdapat dua program yang dimiliki oleh SME di antaranya fokus terhadap kemitraan usaha dan Kewirausahaan.
 
“Jadi ruang lingkup Kemitraan Usaha meliputi pengusaha lokal yang dibina SME pekerjaannya berhubungan langsung dengan perusahaan, seperti rental bus karyawan, rental bus anak sekolah, pengadaan tenaga kerja dan lainnya, nah sedangkan ruang lingkup kewirausahaan, itu berupa usaha masyarakat seperti bengkel motor, warung dan lainnya,” jelas Ismed.
 
Hingga saat ini, sebanyak 11 orang dari tujuh desa telah menjadi Mitra Usaha dan empat orang dari empat desa di Cirenti membuka usaha. Koordinator Regional CD RAPP wilayah Kuansing, Mahmud Hasyim mengatakan sejak tahun 1999 RAPP telah memberikan pelayanan kepada pelaku UKM ini. Di antaranya, pemberian pelatihan, pendampingan usaha dan pemberian modal usaha.  
 
“Minimal sebulan sekali kami monitoring bagaimana perkembangan usaha mereka. Ratusan masyarakat tingkat perekonomiannya telah sejahtera lewat program ini,” ujarnya.
 
Selain memberikan pelayanan kepada pelaku UKM, Mahmud menjelaskan, RAPP juga mensosialisasikan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan.
 
“Karena kita beroperasi disekitar masyarakat, kita harus mensosialisasikan apa saja program dan kebijakan perusahaan yang harus diketahui masyarakat. Supaya masyarakat juga dapat mengetahui apa saja yang kita kerjakan danjuga emreka dapat mengawasi kami,” tutupnya. (RLS)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index