Inovatif Dalam Pelayanan, Bupati Siak Terima Anugerah TOP 99 Dari Kemenpan RB

Inovatif Dalam Pelayanan, Bupati Siak Terima Anugerah TOP 99 Dari Kemenpan RB
Bupati Siak Drs H Syamsuar menerima piagam TOP 99 dari Menpan RD, Yudhi Krisnandi
SURABAYA (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi  menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yudhi Chrisnandi karena dianggap sebagai salah satu daerah yang masuk dalam penilaian TOP 99 Inovasi Publik Nasional Tahun 2016.
 
Penyerahan anugerah TOP 99 sendiri dilakukan di Gedung Jatim Expo, Surabaya, Kamis, 31 Maret 2016.
 
"Ini kali kedua kabupaten Siak jadi wakil Riau mengikuti penilaian ini. Tahun lalu, Sistem Perizinan Online dan Tracking System (SPOTS) Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu kabupaten Siak juga masuk 40 besar, " kata Bupati Siak.
 
Atas prestasi ini lanjut Syamsuar, ia juga berharap, inovasi ini dapat terus memberikan manfaat luas bagi masyarakat.
 
"Dari 1077 inovasi yang diusulkan untuk kabupaten se-Indonesia, Alhamdulillah kita sudah tembus 40 besar, secara keseluruhan kita sudah masuk TOP 99 yang dapat meraih penghargaan, " jelasnya.
 
Kedepan lanjut Syamsuar, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dengan melaporkan kerusakan jalan kabupaten untuk meminimalisir resiko kecelakaan maupun tingkat kerusakan kendaraan.
 
"Ini berkaitan dengan kenyamanan dijalan raya, apabila ada kerusakan jalan-jalan kabupaten, masyarakat bisa SMS melalui call center atau website, agar bisa ditangani langsung dinas BMP, " harapnya.
 
Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas BMP kabupaten Siak, Irving Kahar, mengungkapkan, kondisi struktur tanah di kabupaten Siak yang sebagian besarnya gambut, membuat Dinas BMP harus putar otak mengatasi kerusakan jalan yang seringkali muncul akibat kendaraan angkutan industri dan perkebunan bertonase berat melintas setiap hari di jalan kabupaten.
 
"Banyak yang menyumpahi saya karena jalan berlubang, dari pada merasa bersalah terus, akhirnya saya berfikir mencari jalan keluar bagaimana agar jalan berlubang bisa ditutup secepatnya, " ungkapnya.
 
Prosesnya lanjut Irving, pekerjaan dilaksanakan secara swakelola. Sebab, dengan sistem kontrak, pengerjaan tidak akan bisa dilakukan dengan cepat. "Lelang itu saja prosesnya sudah makan waktu hingga 45 hari, sementara masyarakat tidak mau tahu, yang penting jalan harus selalu bagus," ujarnya.
 
Alhasil lanjut Irving, Reaksi Perbaikan Jalan Rusak ini yang menjadi salah satu faktor kunci perhelatan Tour de Siak tiga kali sukses digelar.
 
"Sejak pelaksanaan PON cabang Olahraga Balap Sepeda yang lalu, jalan di Siak sudah bagus, sayang kalau tak dirawat. Iven tahunan Tour de Siak yang selalu terlaksana tepat waktu jadi salah satu indikator, bahwa perawatan jalan harus kita laksanakan terus-menerus," imbuhnya.
 
Visi dan misi pembangunan kabupaten Siak untuk memberikan pelayanan publik terbaik di Riau tahun 2016, sangat penting untuk terus dikembangkan. "Ini hanya salah satu upaya untuk mengukur, sejauh mana pencapaian kinerja kita mendukung mutu pelayanan publik," ucapnya.
 
Ia juga mengaku, seluruh SKPD yang ada di Pemkab Siak juga satu tujuan, tidak akan berhenti untuk berinovasi. Ia juga mengungkapkan, Tahun 2017 ide yang digagas sudah beda lagi.
 
"Merangkai Kampung Dengan Satu Jari namanya. Dengan menggunakan teknologi informasi, kita akan buat database jalan yang rusak di kampung-kampung. Saya dan tim sudah diskusi, bagaimana nanti kita ajukan lagi untuk diukur sebagai salah satu inovasi," tutupnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index