Deg-degan...Besok, 80.358 Siswa di Riau Ikuti Ujian Nasional

Deg-degan...Besok, 80.358 Siswa di Riau Ikuti Ujian Nasional
Ilustrasi UN

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Senin besok (4/4) sebanyak 80.358 siswa SMA/Sederajat di Riau akan mengikuti Ujian Nasional (UN), baik tingkat SMA, SMK, MA, SMALB, dan Paket C.

 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Kamsol menegaskan Kadiskbud Riau sudah siap. Pemprov Riau tegas Kamsol berkomitmen agar siswa dapat melaksanakan ujian dengan mengedepankan tiga aspek penting yang menjadi Tagline yang dijunjung Kadisdikbud Riau.
 
“Prestasi penting, kejujuran lebih penting, percaya diri itu yang paling penting. Sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) kita bisa memiliki integritas kelak,” harapnya, Ahad (3/4).
 
Ditambahkan Kamsol, dirinya sengaja meninjau sejauh mana persiapan sekolah. Dimana yang paling penting lanjutnya, karena dilihat kesiapan untuk pelaksanaan UNBK dan UN dengan kertas. Untuk komputer, Ia melihat langsung sarana pendukung, ada kendala atau tidak. Karena banyak sekolah yang baru melaksanakan ujian sistem komputer sekarang.
 
Kemudian sinkronisasi dengan pusat terkait data, agar persoalan token dan pendaftaran dalam registrasi supaya tidak terkendala juga sudah dilakukan. “Insyaallah semua sudah cukup baik, rata-rata sudah sinkronisasi dengan pusat, dan sudah ada yang sedang melakukan uji coba,” ujarnya.
 
Terkait sering padamnya listrik di Riau, dalam pelaksanaan UN nanti beber Kamsol dirinya sudah menyurati PLN terkait dengan UNBK. Bahkan terangnya Direktur PLN juga sudah menyampaikan bahwa sudah ada instruksi dari PLN pusat agar tidak terjadi pemadaman.
 
Pelaksanaan ujian CBT lanjutnya dilakukan sampai sore. Dengan menggunakan waktu tiga shift, yakni 7:30-9:30 WIB, 9:30-11:30 WIB, 14:00-16:00 WIB. Namun ada juga yang dua shift tergantung kecukupan ruang kelas dan sarana prasarana dalam pelaksanaan UNBK.
 
Kemudian lanjutnya untuk jaringan Disdikbud Riau diakuinya juga sudah koordinasi dengan Telkom sebagai penguatan. Demikian pula terhadap pengawas dan operator, beberapa bulan sebelum UN sudah dilakukan sosialisasi. Karena mereka inilah yang akan mengantisipasi kendala saat pelaksanaan UNBK nantinya.
 
57 Sekolah Ikuti UN CBT
Ketua Ujian Nasional (UN) 2016 Riau, Abdul Kadir mengatakan tahun ini di Riau ada sebanyak 57 sekolah yang akan melaksanakan UN berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT).
 
"SMA sebanyak 17 sekolah dengan peserta 3.615 siswa dan SMK 40 sekolah dengan 9.180 siswa," katanya.
 
Persiapan sekolah untuk menggelar UN CBT, menurut Kadir, sejauh ini tidak ada kendala. Disdikbud Riau, katanya, juga sudah menyosialisasikan tata cara pelaksanaan kepada sekolah yang menerapkan CBT tersebut.
 
Sementara UN tahun ini secara nasional diikuti 7,6 juta siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA sederajat. Dari jumlah itu, ada 927 ribu siswa yang mengikuti UN berbasis komputer. Jumlah itu naik dari 107 ribu siswa yang mengikuti UN berbasis komputer tahun lalu. Jumlah sekolah berbasis komputer pun naik dari 554 sekolah tahun lalu menjadi 4.402 sekolah tahun ini. 
 
UN berbasis komputer pun akan dilaksanakan di lima sekolah Indonesia di luar negeri yang terdapat di Singapura, Malaysia, Arab, Belanda dan Moskow. "Sembilan sekolah Indonesia lain melakukan UN berbasis kertas," ujar Nizam. (R02/RPG)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index