Bupati Yopi Minta Kepala Sekolah dan Guru di Inhu Bekerja Profesional

Bupati Yopi Minta Kepala Sekolah dan Guru di Inhu Bekerja Profesional
Yopi Arianto

RENGAT (RIAUSKY.COM) - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto menegaskan kepada kepala sekolah dan guru agar tetap melaksanakan tugas secara profesional. 

 
Selagi yang dilakukan guru maupun kepala sekolah benar dan melahirkan prestasi, Bupati H Yopi Arianto memastikan ia akan mendukungnya.
 
Penegasan itu disampaikan Bupati Inhu H Yopi Arianto saat menggelar pertemuan dengan kepala sekolah dan guru se Kecamatan Pasir Penyu dan Kecamatan Lirik di Aula Kantor Camat Pasir Penyu, Senin kemarin. Pertemuan ini dilakukan Bupati usai meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2016 pada sejumlah sekolah.
 
“Jika ada persoalan terkait dunia pendidikan, sampaikan langsung kepada saya tanpa perlu sungkan-sungkan. Saya ingin memanfaatkan masa jabatan pada periode kedua ini, bagaimana yang terbaik untuk membangun dunia pendidikan di Kabupaten Inhu, sebab saya tidak mungkin menjabat sebagai Bupati untuk ketiga kalinya,” ucap H Yopi Arianto.
 
Bupati juga berharap pertemuan seperti ini dapat terus dilaksanakan, sehingga ia dapat menerima langsung aspirasi, kritik dan saran secara langsung dari para guru, sehingga perencanaan pembangunan bidang pendidikan dapat dilakukan tepat sasaran.
 
“Selain itu, melalui pertemuan seperti ini, saya juga akan mengetahui keluhan ataupun curhatan dari para guru. Sehingga guru dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ucapnya.
 
Menurut Bupati, sejak diberi amanah memimpin Kabupaten Inhu pada periode pertama lalu, pembangunan bidang pendidikan merupakan salah satu prioritas yang dilaksanakan Pemkab Inhu. Anggaran bidang pendidikan mencapai 34 persen dari APBD Inhu, dan salah satu sasarannya adalah pembangunan ruang kelas baru serta renovasi sejumlah sekolah.
 
“Saat ini kita tidak lagi dengar sekolah yang tidak bisa menampung siswa karena terbatasnya jumlah ruang belajar. Kita juga tidak ada lagi mendengar ada gedung sekolah yang atapnya bocor. Karena itu, program pembangunan di bidang pendidikan akan terus kita lanjutkan, tentunya dengan perencanaan yang lebih matang berdasarkan masukan dari kepala sekolah dan guru,” ucapnya.
 
Bupati juga berharap kondisi keuangan daerah kembali stabil sehingga berbagai prioritas pembangunan, termasuk bidang pendidikan yang telah diprogramkan dapat terealisasi. “Kita juga terus mengejar kucuran anggaran dari pemerintah pusat untuk membangun dunia pendidikan,” jelasnya.
 
Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Pasir Penyu, Syafrudin dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa sejumlah kepala sekolah di Kecamatan Pasir Penyu sudah memasuki masa pensiun. Karena itu, ia berharap Bupati dapat segera menunjuk kepala sekolah defenitif sehingga tidak akan berpengaruh pada penandatanganan ijazah.
 
Selain itu, sejumlah kepala sekolah juga menyampaikan permintaan kepada Bupati Inhu H Yopi Arianto tentang peningkatan sarana dan prasarana sekolah, sehingga proses belajar mengajar dapat terselenggara dengan baik dan memberikan kenyamanan kepada guru maupun siswa.
 
Menanggapi hal tersebut, Bupati menegaskan bahwa permintaan kepala sekolah dan guru umumnya sudah dibahas dalam musrenbang tingkat kecamatan beberapa waktu lalu dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan Musrenbang tingkat kabupaten.
 
Diharapkan usulan kepala sekolah dan guru secara bertahap dapat direalisasikan. “Karena itu, saya berharap kepala sekolah dan guru juga dapat terlibat aktif dalam setiap pelaksanaan Musrenbang,” tuturnya. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index