56 JCH dari Dua Kecamatan di Rohul Ikuti Manasik Haji

56 JCH dari Dua Kecamatan di Rohul Ikuti Manasik Haji
Ilustrasi manasik haji

PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 56 Jamaah Calon Haji (JCH) dari dua Kecamatan yakni, Rambah dan Rambah Samo, ikuti kegiatan Manasik Perdana di Masjid Raya Pasir Pengaraian, Selasa, 5 April 2016.

 
Dimana, JCH yang mengikuti Manasik perdana, untuk kecamatan Rambah di ikuti oleh 40 orang, sedangkan kecamatan Rambah Samo berjumlah 16 JCH.
 
Kepala kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad Supardi Hasibuan di dampingi Kepala KUA Rambah Zailani mengungkapkan, manasik Haji ini perdana yang diikuti dua kecamatan.
 
"Ini manasik perdana, dan akan di ikuti oleh kecamatan -kecamatan lainya yang ada di Rohul. Jadi Rambah dan Rambah samo menjadi kecamatan yang pertama, karna tingginya permintaan akan manasik haji, makanya kita adakan," katanya.
 
Ia menambahakan, pada pelaksanaan manasik perdana ini, pihaknya lebih menekankan pada pengetahuan seputar ibadah haji, serta pengalaman-pengalaman para jamaah yang telah menunaikan ibadah haji.
 
Dengan belajar dari pengalaman para jamaah yang telah melakukan ibadah haji, tentunya JCH akan balajar dari pengalaman orang -orang yang lebih dahulu melakukan Rukun Islam yang ke lima. 
 
Lebih lanjut dijelaskanya, pengalaman merupakan guru yang paling berharga, dan yang paling baik. Untuk itulah, JCH perlu belajar dari pengalaman JH yang sudah berhasil. 
 
Bukan hanya belajar pengalaman, pada manasik Haji ini, JCH akan diberitahukan tata cara dari awal hingga akhir proses ibadah haji, serta pengetahuan-pengetahuan lainya yang menyangkut dengan ibadah haji.
 
"Dirinya berharap, kepada JCH yang mengikuti Manasik bisa serius. Sehingga pengetahuan JCH bisa bertambah untuk modal pada pelaksanaan di mekah nantinya," ucapnya.
 
Masih ditempat yang sama, Kepala KUA Rambah Zailani mengungkapkan, proses Manasik Haji ini merupakan yang perdana, untuk di Rambah sendiri ada 40 JCH. 
 
Proses manasik ini akan dilaksanakan sebanyak tujuh kali, yang dilakukan setiap selasa, setiap bulanya. Dengan begitu, proses manasik di Kecamatan Rambah dan Rambah Samo tinggal enam tahap lagi.
 
Dirinya menjelaskan, untuk tahap pertama ini, JCH akan diberikan bekal tentang pengalaman-pengalaman haji jamaah yang telah lebih dulu melaksanakan rukun Islam ke lima itu.
 
"Kita melaksanakan manasik ini kan atas tingginya permintaan JCH, makanya kita lakukan manasik. Antusias JCH Rambah sangat besar, saya salut,"‎ sebutnya.
 
Zailani mengharapkan, dengan dilaksanakana manasik ini, dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang ibadah haji, sehingga JCH Rambah menjadi haji yang mabrur. (Advertorial/R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index