Sesalkan Komentar Nila Moeloek, Wako Surati Menteri Kesehatan

Sesalkan Komentar Nila Moeloek, Wako Surati Menteri Kesehatan
Wali Kota Pekanbaru Firdaus ST MT
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tak terima dengan komentar Menteri Kesehatan terkait kabut asap Riau, rencananya hari ini, Jumat (18/9) Wali Kota akan mengirim surat ke Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek. 
 
"Kita akan minta penjelasan kepada Menkes atas dasar apa Riau ini dikatakan udaranya tidak berbahaya. Bagaimana ini tidak berbahaya, sedangkan jumlah korban asap saja semakin bertambah. Di papan data Puskesmas Simpang Tiga yang bari saja kita kunjungi tadi saja dari Agustus hingga pertengahan September penderita ISPA mengalami kenaikan hingga 200 persen, jadi tak mungkin ini disebut udara tak berbahaya," ujar Walikota. 
 
Walikota menjelaskan ketentuan penetapan kualitas udara itu sudah berdasarkan keputusan dari Kementerian Lingkungan Hidup. "Alatnya itu kan sudah ada, apabila angka partikulat sudah di atas 350 itu menandakan udara memang sudah berbahaya," jelasnya. 
 
Dalam surat yang dikirimkan, Walikota juga meminta kepada  Menkes untul bisa mensosialisasikan jika ada parameter lain yang digunakan Menkes sebagai acuan. "Kita minta tolong disosialisasikan lah, biar masyarakat juga tidak bingung," jelasnya. 
 
Lebih lanjut Walikota juga meminta agar Menkes dan Kemen LH bisa duduk bersama untuk membahas dan menyamakan parameter apa yang digunakan untuk menentukan status kualitas udara. 
 
"Ini kita maksudkan agar tak ada kerancuan dan perbedaan sehingga hal seperti ini tidak akan terulang lagi," pungkasnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index